Kesehatan dewasa

6 Tanda Kehamilan Ektopik yang Wajib Dipahami

Tanda Kehamilan Ektopik
Written by ridwan zaeni

Pernahkah mendengar istilah kehamilan ektopik? Kehamilan ektopik sendiri terjadi bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Tentu saja kehamilan ektopik harus diketahui sejak awal. Ada beberapa tanda-tanda yang menjadi ciri kehamilan ektopik. Beberapa tanda memang sedikit susah untuk dibedakan. Untuk itu berikut beberapa tanda kehamilan ektopik yang wajib untuk diketahui.

1.  Pendarahan Pada Vagina

 Gejala yang satu ini terjadi akibat tekanan pada Rahim, sehingga menyebabkan darah keluar dari vagina. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi janin serta ibu bayi tersebut. Jika tidak segera diatasi hal tersebut akan menjadi lebih berbahaya dan menyebabkan pendarahan yang luar biasa.

2. Nyeri Pada Perut Bawah

Nyeri tentu saja terjadi berbarengan dengan terjadinya kehamilan ektopik. Sensasi nyeri ini akan sangat terasa sakit, dan untuk meredakan nya juga butuh waktu tertentu. Nyeri yang terjadi bisa sangat menyakitkan jika si penderita nya dalam kondisi tidak fit. Untuk meredakan nya disarankan untuk segera mengkonsultasikan nya ke dokter ahli kandungan.

3. Mual Disertai Muntah

Tanda kehamilan ektopik yang satu ini memang muncul berbarengan dengan terjadinya kehamilan ektopik. Rasa mual akan terus menerus terjadi dan menyebabkan rasa tidak enak pada tubuh. Selain itu kehamilan ektopik juga menyebabkan muntah, gejala nya mungkin akan sama dengan gejala asam lambung. 

Maka dari itu kebanyakan akan mengkonsumsi obat anti mual dan muntah. Hal tersebut jika tidak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter makan akan berakibat fatal. Konsultasi dengan dokter kandungan atau dengan dokter menjadi salah satu pilihan yang dapat diterapkan bagi penderita kehamilan ektopik.

4. Badan Tidak Fit

Dengan beragam gejala serta kondisi yang dialami, maka akan menyebabkan kondisi badan menjadi tidak fit. Hal semacam ini tentu akan menyebabkan fase dimana seorang ibu hamil akan menjadi sangat rentan. Rentan dalam artian berbagai penyakit bisa saja menyerang imunitas dari sang ibu.

Kebanyakan akan menjalani rehat saja namun tidak dibarengi dengan konsumsi makan makanan yang sehat serta vitamin. Kondisi seperti hal itu tentu saja akan menyebabkan resiko mengalami komplikasi akan semakin besar.

5. Pingsan

Kondisi yang satu ini bisa menjadi fase dimana seorang penderita kehamilan ektopik merasa sudah sangat Lelah. Saat tidak ada orang berbahayanya adalah dapat menyebabkan resiko kematian. Maka dari itu bagi penderita ektopik harus benar benar menjaga kondisi badannya sampai ada informasi lebih lanjut.

Jika tidak mawas diri tentu saja kondisi pingsan bisa saja menghantui para penderita kehamilan ektopik. Banyak yang menyepelekan kondisi badannya saat mengalami gejala kehamilan ektopik.

6. Kepala Pusing

Dengan kondisi badan yang terus menerus melemah, gejala kepala pusing juga akan selalu menghantui penderita kehamilan ektopik. Rasanya tentu akan sangat mengganggu, jika tidak menjaga kondisi badannya hal semacam itu bisa menyebabkan pusing yang berkepanjangan.

Jangan meremehkan kondisi tersebut, pusing yang dialami akan sangat mengganggu dan sangat menyakitkan. Penanganan terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, tidak boleh sembarangan konsumsi obat.

Jika tidak berkonsultasi terlebih dahulu, ditakutkan adalah akan menyebabkan komplikasi. Karena kondisi kehamilan ektopik akan sangat rentan dan menjadi penyebab kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Tanda kehamilan ektopik memang agak susah untuk diketahui, jika merasakan gejala gejala seperti diatas, maka segerakan lah untuk berkonsultasi dengan pakar Kesehatan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi yang wajib dilakukan agar mendapat penanganan yang tepat dengan segera.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: