Tips Hidup Sehat

Bingung Mengatur Pola Makan Sehat Bergizi Dan Seimbang? Simak Ulasan Berikut Ini!

Pola Makan Sehat Bergizi Dan Seimbang
Written by ridwan zaeni

Zaman milenial dan teknologi yang semakin berkembang menjadikan gaya hidup seseorang berubah.  Salah satu hal yang tetap harus dipertahankan yaitu pola makan sehat bergizi dan seimbang. Dengan mengetahui pola makan yang ada,  seseorang akan tetap sehat dan bahkan bagi seorang anak akan mampu memiliki otak yang cerdas. Nah, berikut beberapa pola makan yang sehat dan bergizi serta seimbang:

1. Cermat Terhadap Konsumsi Karbohidrat

Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat utama dan menjadi makanan pokok. Ada anggapan salah bahwa ketika nasi tidak masuk dalam daftar pola makan sehat bergizi dan seimbang. Pasalnya tubuh manusia juga membutuhkan sebuah karbohidrat untuk sumber tenaga. Namun untuk mengonsumsi karbohidrat tersebut membutuhkan aturan porsi yang tepat.  

Untuk alternatif nasi putih bisa juga dengan menggantinya menggunakan beras merah yang rendah kalori.  Bahkan tidak hanya itu beras merah memiliki banyak serat dan juga vitamin yang tentunya baik untuk kesehatan.

2. Perbanyak Sayuran Hijau

Untuk menjaga pola makan sehat bergizi dan seimbang,  pastikan kebutuhan sayuran terpenuhi. Kebiasaan mengonsumsi sayuran perlu untuk ditingkatkan setiap harinya.  Pastikan untuk menghindari sayuran yang dimasak dengan suhu tinggi.  

Sayuran hijau ini sangat penting posisinya dan banyak mengandung unsur penting bagi tubuh seperti halnya serat,  vitamin A, vitamin C, magnesium, folat dan yang lainnya. Tentunya semua kandungan ini sangat penting untuk badan yang sehat.  Sayuran hijau juga terkadang memiliki antioksidan yang mampu digunakan untuk melindungi tubuh. 

3. Komposisi Daging Dan Telur

Untuk pemenuhan nutrisi,  pastikan untuk menambah menu makanan dengan daging terlebih daging sapi yang tidak terdapat lemak.  Jenis daging tersebut mengandung protein dan juga zat besi yang lebih tinggi.

Disamping itu,  memakan telur juga bisa menjadi alternatif pemenuhan protein yang mana mengandung nutrisi lengkap seperti halnya vitamin,  mineral, dan juga zat antioksidan. Kedua makanan ini perlu untuk dipertahankan untuk menjaga pola makan sehat bergizi dan juga seimbang. 

4. Batasi Asupan Garam,  Gula Dan Juga Lemak

Pada saat bayi terlebih masih dalam tahap 1000 hari pertama,  lemak menjadi hal terpenting bagi tumbuh kembang anak. Namun lain halnya saat dewasa,  lemak menjadi hal yang perlu dibatasi dan memiliki takaran yang wajar. Sama halnya dengan gula dan garam yang akan semakin menambah kenikmatan rasa.  

Namun perlu diketahui bahwa mengkonsumsi gula dan juga garam perlu dilakukan batasan dan harus dikendalikan.  Tentunya ketika tidak dikendalikan akan mampu mengakibatkan masalah dalam tubuh. Contoh batasan gula ini meliputi 4 sendok makan per hari atau setara dengan 50 gram saja.  

5. Memenuhi Kalsium

Tulang perlu asupan kalsium agar bisa bergerak aktif dan juga bebas. Tidak hanya tulang saja,  kalsium ini juga berperan penting bagi gigi. Kalsium tidak hanya ditemukan pada susu belaka, pada brokoli,  kubis, kale, sawi juga memiliki kandungan tinggi kalsium.  

Dengan terpenuhinya kalsium akan menjadikan tubuh semakin sehat dan juga kuat.  Kalsium memiliki peran agar tubuh bisa lebih segar. Selain minuman susu, untuk mendapatkan kalsium ini bisa dari kacang-kacangan.  

6. Takaran Yang Tepat

Untuk pola makan sehat bergizi dan seimbang ini,  pastikan untuk memiliki takaran yang tepat baim karbohidrat,  protein, dan juga lemak. Dalam satu piring pastikan untuk sepertiga karbohidrat,  sepertiga sayuran, dan sisanya berisi lauk pauk. 

Untuk lauk pauk bisa berupa protein hewani yang berupa tahu tempe.  Pastikan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan.  

Beberapa pola makan sehat bergizi dan seimbang ini perlu untuk diterapkan agar tubuh  sehat dan aktif. Pemenuhan gizi akan menjadikan otak juga berkembang maksimal. 

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: