Kesehatan dewasa

Inilah Perbedaan GERD dan Maag, Penyakit yang Sama Menyerang Pencernaan

Perbedaan GERD dan Maag
Written by ridwan zaeni

Selain keberagaman kultur ternyata Indonesia juga memiliki ragam penyakit yang berkembang di masyarakat. Penyakit yang sering disamakan oleh masyarakat adalah penyakit maag dan GERD. Penyakit ini sering kali disamakan di lingkungan masyarakat yang awam tentang pengetahuan kesehatan. Untuk melihat lebih dalam mengenai kedua penyakit ini, simak perbedaan GERD dan maag pengertiannya.

Apa Itu Penyakit GERD dan Maag?

Refluks gastroesofagus adalah nama lain dari penyakit GERD, sedangkan kepanjang dari GERD yaitu Penyakit Gastroesophageal Reflux.  GERD merupakan suatu kelainan pada sistem pencernaan bagian lambung. Refluks gastroesofagus / GERD adalah penyakit yang terjadi karena disebabkan oleh tingginya angka penyakit dan menurunnya kualitas hidup seseorang. Sekarang, penyakit ini menjadi prioritas di dunia kesehatan.

Menurut Montreal dalam mendefinisikan Refluks gastroesofagus yaitu  suatu penyakit atau kelainan yang terjadi pada suatu kondisi yang terdapat pada refluks yang mengarah ke  esofagus. Proses ini dapat mengakibatkan komplikasi yang bergejala., Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. Gejala penyakit ini tidak terlalu nampak dirasakan di awal terjangkit.

Sedangkan untuk Maag sendiri merupakan penyakit yang juga menyerang lambung. Penyakit yang disebut juga sebagai gastritis ini terjadi ketika lambung mulai meradang dan menunjukkan adanya pembengkakan. Peradangan pada lambung ini tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini membuat lambung mengalami peradangan dan menimbulkan luka yang cukup besar pada lambung.

Fakta Dari GERD dan Maag

Meskipun sama-sama menyerang lambung, Maag dan GERD memiliki beberapa perbedaan mendasar. Hal ini bisa dilihat dari beberapa faktor umum yang ada pada kedua pihak ini. Berikut ini akan dipaparkan beberapa faktor yang menjadi dasar perbedaan GERD dan Maag .

1. Perbedaan Letak  Anatomi 

Perbedaan yang paling mendasar pada kedua penyakit yang memiliki antarmuka dengan kesehatan lambung ini adalah anatominya. Jika Maag hanya menunjukkan iritasi pada dinding lambung, GERD lebih kepada adanya masalah pada sfingter esophagus (otot katup pada lambung). Iritasi otot pada otot yang rusak dan membuat makanan dan cairan kembali ke kerongkongan.

2. Ketidaksamaan Penyebab Terjadinya

Perbedaan lain yang dapat dilihat dari kedua penyakit ini adalah penyebab terjadinya. Pada penyakit maag, penyebabnya bisa bermacam-macam seperti lapisan dinding lambung yang terlalu tipis. Hal ini membuat kerusakan mengalami maag karena lapisan lambung yang lemah. Sedangkan untuk GERD penyebab utamanya adalah penyakit hiatus hernia atau merokok, hormon dan minuman beralkohol.

3. Gejala yang Timbul Berbeda

Selanjutnya, perbedaan GERD dan Maag juga dapat dilihat dari gejala yang ditunjukkan penderitanya. Pada maag, penderitanya akan mengelola sistem pencernaan seperti mual atau muntah. Sedangkan GERD, penderitanya akan gejala sakit dada, sulit merasakan, regurgitas, sensasi mulas, khususnya pada malam hari serta terasa ada benjolan yang mengganjal di kerongkongan.

4. Tindakan Pengobatan Tidak Sama

Terakhir, perbedaannya dapat dilihat dari tindakan pengobatan terhadap penderita GERD dan Maag. Pada penderita maag biasanya akan diobati sesuai gejala dan penyebab yang ditunjukkan. Sedangkan GERD diobati dengan memberikan pengobatan untuk meningkatkan fungsi otot katup.

Upaya Pencegahan

Meskipun ada perbedaan yang mendasari, sebenarnya pencegahan pencegahan penyakit ini sama. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh. Makanan yang dapat membuat lambung iritasi seperti makanan pedas dan berlemak, alkohol, serta obat AINS.

Nah review mengenai beberapa perbedaan GERD dan Maag yang bisa disimak pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan kali ini dapat memberikan informasi tambahan mengenai bagaimana itu penyakit GERD dan Maag yang sama-sama ada dengan lambung.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment