Tips Hidup Sehat

Penyebab Bau Mulut Akut yang Wajib Diketahui! Jangan Sampai Menghasilkan Komplikasi Berbahaya!

Penyebab Bau Mulut Akut
Written by ridwan zaeni

Bau mulut merupakan salah satu gangguan mulut yang memang menjadi paling normal terjadi dan mudah sekali ditemui. Namun tahukah bahwa bau mulut sendiri bisa menjadi tidak normal dan skalanya naik menjadi akut. Nah dalam artikel ini akan dikupas tuntas mengenai penyebab bau mulut akut agar bisa menjadi perhatian dalam menjaga kesehatan mulut!

Penyebab Bau Mulut Akut

Meski seolah menjadi hal yang lumrah dan normal, namun persoalan bau mulut tidak boleh dianggap remeh dan sepele. Adapun dibawah ini adalah beberapa penyebab adanya bau mulut menjadi akut dan bisa menjalar ke arah serius, mari simak bersama!

1. Tingginya Kadar Asam Lambung Dalam Tubuh

Penyebab bau mulut akut yang pertama adalah diakibatkan oleh kadar asam lambung yang terlalu tinggi dalam tubuh. Dimana kadar asam lambung yang tinggi akan memaksa tubuh sering bersendawa. Untuk sendawanya sendiri akan menghasilkan bau tak sedap, sedikit asam seperti cuka karena merupakan hasil dari gas asam didalam tubuh.

2. Penyakit Kanker

Selanjutnya bau mulut yang akut bisa juga disebabkan oleh seseorang sedang mengidap penyakit kanker. Dimana untuk kasusnya sendiri adalah kanker yang menyerang bagian telinga, leher, tenggorokan serta mulut akan mengakibatkan bau mulut tak sedap. Apalagi jika harus mengkonsumsi berbagai jenis obat, tentu saja bau mulut yang ada akan semakin kronis.

3. Makan-makanan yang Berbau Menyengat

Penyebab bau mulut akut selanjutnya bisa disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi berbau terlalu menyengat. Dimana bau makanan tersebut bisa menempel super awet dalam rongga gigi, gusi dan mulut. Misalnya saja seperti makan pete, jengkol, durian, daging campur bir dan lain sebagainya.

4. Lidah Mengalami Infeksi Bakteri dan Kurang Bersih

Penyebab keempat dari mulut berbau tak sedap super akut adalah adanya infeksi bakteri berlebih di area lidah manusia. Infeksi lidah bisa dikarenakan kurangnya konsumsi air, menjaga kebersihan mulut, menggosok gigi, merokok akut dan lain sebagainya. Apalagi jika hobi minum atau makan-makanan dingin dan panas secara bersamaan ini juga bisa mengganggu kinerja lidah.

5. Adanya Infeksi Sinus yang Diderita

Selain beberapa penyebab di atas, bagi penderita sinus atau yang sedang mengalami gangguan infeksi sinus juga berpotensi menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan bagian sinus ini mengalami infeksi virus serta bakteri yang bisa menghasilkan aroma tak sedap. Apalagi biasanya hidung atau mulut akan tersumbat, mendapati lendir dan cairan mengganggu yang mana semakin menambah bau tak sedap.

6. Mengalami Gangguan Radang Tenggorokan

Kemudian untuk penyebab adanya gangguan bau mulut akut lainnya bisa disebabkan oleh penyakit radang tenggorokan juga. Peradangan yang menyerang amandel biasanya akan menghasilkan butiran-butiran kalsium yang menyelimuti bagian belakang gigi. Hal inilah yang kemudian akan membuat nafas serta mulut menjadi super bau dan akan sangat mengganggu.

7. Adanya Penyakit Bronkitis Serta Infeksi Gusi

Adapun penyebab bau mulut akut yang terakhir dikarenakan oleh adanya penyakit bronkitis yang menyerang pernafasan serta adanya infeksi gusi. Kedua penyakit ini sendiri jelas menghasilkan performa mulut menjadi kurang baik. Apalagi bisa jadi nantinya akan muncul gejala lendir, ingus atau pendarahan gusi yang mengakibatkan bau mulut tak sedap secara berkepanjangan.

Bagaimana Jika Mengalami Bau Mulut Kronis?

Tentu saja dibandingkan dengan persoalan bau mulut normal yang bisa dihalau dengan air putih, sikat gigi, mouthwash atau produk di pasaran. Untuk persoalan bau mulut akut atau kronis sendiri membutuhkan perawatan ekstra karena bisa saja berkaitan dengan penyakit bawaan lainnya. Oleh sebab jika mengalami bau mulut kronis harus segera berkonsultasi dan ditangani dokter ahli, menjalani serangkaian pemeriksaan dan pemberian obat.

Nah itulah diatas adalah beberapa penyebab bau mulut akut yang bisa menyerang mulut manusia jika diabaikan. Tentu saja bau mulut yang akut akan super mengganggu diri sendiri dalam berkomunikasi dan berkehidupan secara sosial.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment