Kesehatan dewasa

Yuk Simaka 5 Penyakit Organ Reproduksi Wanita Yang Berbahaya Berikut

Penyakit Organ Reproduksi Wanita
Written by ridwan zaeni

Kesehatan menjadi faktor terpenting dalam kehidupan ini. Pasalnya ketika kita sehat, tentu berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan mudah, lain halnya ketika terkena penyakit. Berbicara mengenai penyakit, saat ini banyak yang terkena penyakit organ reproduksi wanita yang perlu diwaspadai bagi kaum hawa.

Pasalnya, sistem reproduksi ini memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur tingkat kesuburan, kehamilan, menstruasi dan juga sampai ketika wanita mengalami masa menopause.  Karena antara organ penyusun sistem reproduksi ini memiliki keterkaitan dan saling mendukung kinerja reproduksi yang ada, tentu sangat penting menjaga kesehatannya.

Ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai dan harus segera ditindak lanjuti ketika mengalaminya. Terlambat dalam mengatasi akan berakibat fatal bagi tubuh. Nah, berikut beberapa penyakit organ reproduksi pada wanita yang perlu diketahui diantaranya:

1. Fibro Rahim

Penyakit organ reproduksi wanita yang satu ini sering disebut sebagai tumor non kanker yang biasa terjadi pada wanita di usianya yang subur. Maksud dari fibroid ini yaitu adanya sel otot dan juga jaringan yang tumbuh dalam rahim atau bisa juga di sekitar dinding rahim. 

Bagi yang memiliki kelebihan berat badan, penyakit ini sangat mudah terjadi. Untuk gejala dari penyakit ini sendiri seperti halnya nyeri dahsyat layaknya saat haid. Diluar siklus menstruasi mengalami pendarah dan pada bagian bawah perut terasa sesak. Sering kencing, dan juga terasa sakit punggung dan sakit saat berhubungan seks bisa menjadi gejala yang lainnya.  Akibat dari penyakit ini bisa menjadi masalah susah hamil, sering keguguran, atau bahkan persalinan dini. 

2. Penyakit Kanker Ginekologi

Jenis penyakit ini merupakan sejenis tumor yang ganas dan pada awalnya tumbuh di organ reproduksi terutama wanita. Pada awalnya penyakit ini muncul di daerah panggul dimana antara perut bagian bawah dan juga tulang pinggul. 

Terdapat banyak macam jenis kanker yang menjadi salah satu penyakit organ reproduksi wanita ini, diantaranya kanker serviks yang mana menyerang antara penghubung rahim atau uterus dan juga vagina. Selain itu juga ada kanker ovarium yang menyerang indung telur setiap sisi dari rahim. kanker vulva dan kanker rahim juga menyerang di bagian luar rahim serta larangan tempat berkembangnya janin.

3. Masalah Vaginitis

Salah satu penyakit organ reproduksi wanita yang juga harus diwaspadai yaitu vaginitis. Penyakit yang satu ini. Menyerang bagian vagina sehingga infeksi.  Adanya infeksi tersebut dikarenakan terdapat beberapa jenis mikroorganisme seperti hanya bakteri, jamur, maupun parasit. 

Penyakit vaginitis ini bisa saja menyerang pada vagina bagian perineum. Gejala dari penyakit ini yaitu adanya rasa nyeri yang sangat dahsyat pada vagina, atau bahkan terdapat ruam bibir di vagina. Vagina yang memiliki bau sangat tidak sedap serta pendarahan juga bisa menjadi ciri penyakit ini.

4. Condiloma Accuminata

Mungkin penyakit reproduksi yang satu ini terbilang masih jarang diketahui. Condiloma accuminata ini merupakan sebuah penyakit reproduksi yang disebabkan oleh virus sejenis human papilloma. Hal ini menjadikan sebuah kutil yang berasal dari virus dalam tubuh. 

Ketika merasakan terdapat kutil di area reproduksi wanita, pastikan segera mengunjungi dokter karena bisa menjadi pertanda bahaya. Ketika punya penyakit yang satu ini tidak segera diobati, maka akan dengan mudah berkembang dan juga menyebar. 

5. Penyakit Bartolinitis

Infeksi yang menyerang di organ reproduksi yang terdapat dalam kelenjar bartholin ini disebut sebagai penyakit bartolinitis. Ketika kelenjar bartholin terinfeksi, maka akan mengalami pembengkakan dan menimbulkan sebuah penyakit baru. 

Penyebab dari penyakit ini yaitu adanya sebuah jamur candida albicans virus atau bahkan Amoebiasis dan Trichomoniasis. Ketika mengalami penyakit ini, seorang wanita biasanya akan merasakan nyeri yang cukup hebat. Tidak hanya nyeri saja, banyak orang yang mengalami gejala seperti demam, alat kelamin memerah, dan sakit ketika hendak melakukan hubungan suami istri. 

Berbagai penyakit organ reproduksi wanita tersebut tentu harus diwaspadai karena berdampak buruk ketika tidak segera diatasi. Ketika mengalami masalah pada organ reproduksi, tentu bisa berakibat pada tingkat kesuburan wanita. 

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: