Diet

5 Makanan yang Menjadi Pantangan untuk Asam Urat

Pantangan untuk asam urat
Written by ridwan zaeni

5 Makanan yang Menjadi Pantangan untuk Asam Urat patut dihindari bagi penderita asam urat

Penyakit asam urat menjadi momok yang sering menghampiri manusia ketika sudah mulai beranjak dewasa. Ketika bagian persendian kaki atau tangan mulai sering merasa nyeri, maka sudah sepatutnya waspada terkena penyakit asam urat. Untuk mencegah penyakit asam urat, bisa dengan menghindari jenis makanan yang menjadi pantangan untuk asam urat berikut ini.

1. Jeroan Hewan

Jeroan hewan seperti jantung, paru, hati, babat, dan sejenisnya adalah salah satu sumber makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Ini merupakan makanan pantangan untuk asam urat. Protein yang terkandung dalam jeroan hewan tersebut akan dipecah dan menjadi tambahan purin. Purin inilah yang menjadi sumber penyebab penyakit asam urat. Oleh sebab itu, hindari makan jeroan agar tidak terkena penyakit asam urat.

2. Daging Hewan

Selain jeroan hewan, ada juga daging merah seperti sapi, kambing, babi yang menjadi penyebab penyakit asam urat. Tidak hanya daging merah, tetapi beberapa daging putih seperti kalkun, angsa, entok juga menjadi pantangan untuk asam urat karena kandungan purinnya yang tinggi.

Dalam sebuah penelitian, dalam 100 gram daging mentah yang disebutkan di atas, setidaknya mengandung 100 mg purin. Kandungan purin dalam daging ini akan semakin meningkat setelah dimasak, sehingga bisa sangat membahayakan bagi pengidap penyakit asam urat. Pantangan ini juga berlaku untuk makanan olahan yang mengandung daging seperti kornet atau nugget.

Dalam makanan olahan yang mengandung daging tersebut juga terkandung purin yang cukup tinggi. Apalagi makanan olahan tersebut juga mengandung lemak jenuh dan garam yang bisa meningkatkan kandungan purin.

3. Makanan Berlemak

Sudah membicarakan tentang jeroan dan daging tentu tidak bisa dilepaskan juga dengan makanan berlemak. Jenis makanan berlemak juga menjadi pantangan untuk asam urat karena dapat menyebabkan penyakit asam urat. Makanan yang berlemak juga akan menimbulkan resiko terkena obesitas.

Orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan menghasilkan insulin lebih banyak. Sayangnya, kandungan insulin dalam tubuh yang menumpuk bisa mengganggu kerja ginjal. Ketika ginjal terganggu, maka asam urat yang seharusnya terbuang akan menumpuk dan mengendap. Endapan inilah yang kemudian mengkristal pada persendian dan menyebabkan penyakit asam urat.

4. Makanan Laut

Orang yang mengidap penyakit asam urat juga sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan laut seperti ikan sarden, kerang, kepiting, atau udang dan lobster. Semua jenis makanan ikan laut tersebut memiliki kandungan purin tinggi yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Terbukti dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi seafood lebih banyak beresiko lebih tinggi terkena asam urat.

Bila masih ingin mengkonsumsi makanan laut, bisa mengalihkan ke beberapa jenis ikan dengan kandungan purin rendah seperti ikan salmon. Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi sayuran seperti brokoli dan perasan lemon. Jus lemon juga baik untuk dikonsumsi karena dapat menetralkan asam urat.

5. Minuman Manis dan Alkohol

Meski minuman manis dan alkohol tidak mengandung purin, tetapi kandungan fruktosa atau gula dari sirup jagungnya sangat tinggi. Fruktosa inilah yang kemudian akan menghasilkan purin ketika diolah di dalam tubuh. Dari sebuah penelitian, risiko terkena penyakit asam urat pada orang yang mengonsumsi minuman manis dan alkohol akan meningkat hingga 85%.

Mengonsumsi makanan dan minuman di atas yang menjadi pantangan untuk asam urat bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit asam urat. Penyakit asam urat ini akan menyebabkan rasa sakit pada bagian persendian, di kaki maupun tangan. Penyebab penyakit asam urat ini karena kandungan purin yang menumpuk pada bagian sendi sehingga menyebabkan rasa sakit pada sendiri.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment