Tips Hidup Sehat

5 Kegiatan OIahraga Untuk Penderita Vertigo yang Aman Dilakukan

OIahraga Untuk Penderita Vertigo
Written by ridwan zaeni

Bagi seseorang yang mengidap penyakit vertigo, mungkin kegiatan olahraga menjadi salah satu rutinitas yang bisa terhalang. Olahraga untuk penderita vertigo tidak akan masuk menjadi salah satu prioritas yang dianjurkan oleh dokter. 

Saat menderita vertigo penderitanya akan merasa pusing sehingga rasanya kepala akan berputar tidak karuan. Sehingga dengan adanya keadaan seperti itu maka si penderita nya dirasa tidak akan mampu untuk melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga.

Walaupun membuat penderitanya merasa pusing nyatanya penderita vertigo tetap dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga. Namun tentu saja olahraga yang dimaksud adalah olahraga dengan intensitas yang ringan. 

Setidaknya ada beberapa macam olahraga yang dianjurkan oleh pakar Kesehatan bagi penderita vertigo. Kegiatan olahraga tersebut juga wajib dijalankan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu. Beberapa macam olahraga untuk penderita vertigo berikut ini bisa menjadi solusi yang tepat.

1. Brandt Daroff Exercise

Kegiatan yang satu ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa dijalankan oleh penderita vertigo. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk membuat kristal dari telinga bagian dalam dapat keluar saat melakukan kegiatan yang satu ini. Cara nya cukup simple, yaitu duduk di atas tempat tidur dengan posisi kaki di lantai. Setelah itu putar kepala dengan derajat kemiringan sebesar 45 derajat.

Setelah itu berbaring di sisi kiri tubuh tanpa harus menggerakkan kepala. Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lakukan gerakan tersebut pada sisi selanjutnya dan lakukan sebanyak 3 repetisi sesuai dengan kemampuan dan daya tahan tubuh.

2. Manuver Epley

Selanjutnya adalah dengan kegiatan olahraga manuver epley. Gerakan yang satu ini memang sangat populer untuk dilakukan bagi penderita vertigo. Gerakannya cukup sederhana dan sangat mudah untuk diikuti bagi penderita vertigo. Yaitu dengan duduk di tempat tidur sama dengan posisi brandt daroff, perbedaannya adalah letakkan kaki lurus dan siapkan bantal pada bagian belakang.

Kemudian posisi selanjutnya adalah dengan memutar kepala dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat. Lalu ubah posisi badan untuk berbaring dengan cepat dan memutar kepala 90 derajat dan tahan selama 30 detik sesuai dengan kemampuan tubuh.

Sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang satu ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk melatih tubuh sehingga terbiasa dengan kondisi seperti hal tersebut.

3. One Leg Stand

Sesuai dengan namanya, kegiatan olahraga yang satu ini cukup dengan mengangkat satu kaki dan menahan posisi tersebut selama 10 detik. Lakukan gerakan tersebut bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan. Fungsi dari olahraga yang satu ini tentu saja untuk membuat penderita vertigo mampu menyeimbangkan badan dan melatih kondisi badan agar lebih kuat.

4. Step Up Exercise

Kemudian ada salah satu jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan. Yaitu kegiatan step up, untuk melakukan olahraga yang satu ini, hanya cukup dengan menggunakan anak tangga yang ada di rumah. 

Untuk menjaga kestabilan sebaiknya memegang pegangan atau bertumpu pada tembok agar lebih stabil. Cara melakukan nya cukup sederhana yaitu menaikkan kaki kiri terlebih dahulu kemudian berganti kaki kanan dan kaki kiri turun. Ulangi kegiatan tersebut bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan. Sebaiknya lakukan hingga lima kali repetisi.

5. Berjalan Menyamping

Kegiatan yang satu ini memang sangat sederhana, yaitu cukup dengan berjalan secara menyamping. Untuk melakukan kegiatan ini, dilakukan dengan seksama dan dalam tempo yang teratur, hindari untuk melakukan kegiatan ini terlalu cepat. Usahakan untuk berjalan sebanyak 10 langkah dalam setiap Latihan.

Olahraga untuk penderita Vertigo memang tidak boleh sembarangan, hal itu karena penderita vertigo tidak boleh melakukan kegiatan yang terlalu berat. Beberapa tips kegiatan olahraga diatas bisa menjadi rujukan bagi penderita vertigo untuk tetap hidup sehat walaupun memiliki kendala.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: