Diet

Hidup Sehat Untuk Penderita DM Dengan Menu Diet Diabetes Melitus

Menu Diet Diabetes Melitus
Written by ridwan zaeni

Memakan makanan yang sehat memang menjadi hal utama yang perlu diupayakan setiap harinya. Terlebih bagi orang yang terkena diabetes melitus, tentu segala takaran dan juga menu makanan perlu diperhatikqn. Prinsip pola diet bagi seorang penderita diabetes sangat dibutuhkan keahlian dalam penakaran seperti halnya asupan kalorinya. Dengan menggunakan menu diet diabetes melitus bisa menjadi solusi mudahnya.

Ketika paham dan mengerti dengan menu yang harus dikonsumsinya, tentu akan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Adanya gizi seimbang juga bisa menjadi faktor kestabilan dari gula darah. Untuk lebih lanjut akan menu diet untuk penderita diabetes militus ini, simak ulasannya berikut!

Menu Untuk Penderita Diabetes Melitus

Berbeda dengan orang yang menderita penyakit lain, bagi penderita diabetes melitus, adanya kandungan gula menjadi pantangan utamanya. Tentunya hal tersebut mengharuskan seseorang untuk mengurangi bahkan tidak mengkonsumsi kandungan gula dengan sembarangan. Berikut beberapa menu diet diabetes melitus diantaranya:

1. Untuk Menu Sarapan

Tidak hanya soal makanan saja, penderita diabetes melitus juga diharuskan memperhat jam asupan minuman yang ada. Pastikan tidak mengkonsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi bahkan ketika meminum minuman kopi, teh, atau susu, pastikan tidak menambah dengan gula. Usahakan ketika membuat sarapan lagi, pastikan diperbanyak seratnya. 

Untuk menghindari jumlah karbohidrat berlebih bisa dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Tambahan buah-buahan yang tidak manis dan memiliki banyak air seperti apel, pir, jeruk juga bisa menjadi pilihannya. Tentunya sayur mayur jangan sampai terlewatkan. 

 Contoh menu untuk sarapan: satu telur rebus,setengah buah alpukat kecil, dan bisa juga dengan menambahkan sepotong roti gandum. Mengkonsumsi satu buah jeruk bisa menjadi sumber vitamin c yang tepat. 

2. Menu Makan Siang

Untuk menu diet makan siang perlu dipastikan bahwa diusahakan untuk menghindari makanan yang mengandung minyak. Alangkah lebih baik ketika mengonsumsi makanan dengan cara direbus atau bisa juga dikukus. Dengan gizi seimbang dan tidak melupakan kandungan karbohidrat yang ada. 

Pola gizi seimbang untuk menu diabetes militua ini sangat penting untuk diperhatikan. Gizi seimbang dengan sepertiga makanan pokok serta lauk pauk dan sepertiga buah-buahan bisa menjadi tips jitu. 

Berikut contoh untuk menu makan siang:  Dua pertiga cangkir kacang pinto kaleng dengan rendah sodium dan juga satu cangkir bayam cincang. Sperpat cangkir tomat cincang dan seperempat cangkir paprika serta  satu ons keju ditambah dengan satu sendok makan saus salsa menjadi sajian yang sangat lezat. Sajian tersebut disebut sebagai sajian rice bowl sehat. Untuk buah bisa dengan 1 buah apel atau pir dan menghindari buah nangka, durian, anggur.

3. Untuk Menu Makan malam

Seperti halnya saat sarapan dan juga makan siang. Menu makan malam perlu diperhatikan juga jumlah karbohidrat dan kadar gula yang ada. Dengan memperbanyak jumlah sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan menu yang tepat untuk makan malam. Waktu makan malam juga perlu diperhatikan yaitu maksimal dua jam sebelum tidur. 

Contoh untuk makan malam bagi penderita diabetes melitus yaitu satu cangkir pasta lentil yang telah dimasak dan satu setengah saus tomat. Sus tomat ini bisa dengan memasak bawang putih, jamur sayuran hijau dan terong didalamnya. Tambahkan dua ons daging tanpa lemak panggang. Total karbohidrat sekitar 125 kal dan sesuai dengan sayuran bagi penderita diabet. 

4. Tambahan Camilan Pada Jam Snack

Cemilan memang menjadi hal yang diinginkan oleh siapapun. Disela-sela pagi menuju siang atau bahkan siang menuju sore bisa dengan menambahkan cemilan. Santaplah cemilan seperti ham ya buah-buahan atau singkong dan ubi rebus. 

Beberapa menu diet diabetes melitus tersebut bisa menjadi contoh agar bisa mengontrol asupan yang ada. Perhatikan juga waktu penyajian, beri interval 3 jam untuk setiap jadwal makan. Semakin jeli melihat asupan yang masuk ke tubuh, tentu akan mampu mengontrol  kadar gula. 

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment