Diet

Manfaat Cuka Apel untuk penderita Asam Urat

Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat
Written by ridwan zaeni

Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat yang akan sangat berguna untuk pengaturan diet.

Penyakit asam urat memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, bahkan semua bisa berisiko untuk terkena penyakit yang satu ini. Salah satu obat yang bisa dengan digunakan untuk mengobati asam urat adalah cuka apel. Di artikel ini, akan dibahas beberapa manfaat cuka apel, termasuk manfaat cuka apel untuk asam urat.

Tentang Cuka Apel dan Kandungannya

Cuka apel merupakan cairan yang didapatkan setelah mengolah apel. Cara untuk mendapatkan cuka apel cukup dengan menghaluskan apel, lalu memeras cairan yang keluar dari apel tersebut. Selanjutnya tambahkan ragi dan bakteri pembentuk asam asetat untuk memulai proses fermentasi hingga menjadi cuka. Jangan lupa tambahkan juga gula saat melakukan proses fermentasi.

Cuka apel ini mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena dianggap memiliki kandungan yang baik. Bila dilihat dari hasil penelitian, kandungan vitamin dan mineral pada cuka apel memang tidak terlalu banyak. Namun, cuka apel memiliki banyak kandungan antioksidan, asam amino, dan kalium yang sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk penyakit asam urat.

Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat

Menurut penelitian, tidak ada yang benar-benar menyebutkan bahwa cuka apel dapat membantu menyembuhkan penyakit asam urat. Namun, kandungan zat yang di dalamnya memiliki manfaat lain yang secara tidak langsung dapat mengurangi risiko terkena asam urat. Berikut ini beberapa manfaat dari cuka apel.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu penyebab penyakit asam urat adalah karena obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih akan menghasilkan insulin yang berlebih pula sehingga dapat mengganggu kerja ginjal. Kerja ginjal yang terganggu menyebabkan terganggunya proses pembuangan asam urat, sehingga asam urat akan menumpuk pada sendi-sendi tubuh.

Cuka apel memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi cuka apel dalam kadar tertentu setiap hari dapat menurunkan berat badan. Berat badan yang terkontrol juga secara tidak langsung mengontrol kadar insulin dalam tubuh yang dapat memperberat kerja ginjal. Sehingga secara tidak langsung pula dapat mencegah penyakit asam urat.

Baca juga :
Fatka dan cara diet golongan darah O yang aman

5 cara menghitung berat badan ideal dengan mudah

2. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula juga menjadi salah satu penyebab penyakit asam urat. Gula yang berada dalam tubuh, terutama yang berasal dari minuman manis, oleh tubuh diolah menjadi zat purin. Zat purin inilah yang menjadi sumber utama penyakit asam urat. Zat purin ini akan mengendap pada sendi dan menyebabkan peradangan pada sendi.

Mengonsumsi cuka apel, terutama sebelum makan, dapat memperlambat proses pelepasan gula dalam darah. Sehingga akan mencegah keadaan kadar gula dalam tubuh yang meningkat secara tiba-tiba atau yang disebut dengan Sugar Rush. Dan karena kadar gula dalam tubuh tidak melonjak tiba-tiba, maka tubuh juga tidak mengeluarkan hormon insulin secara berlebihan.

3. Mencegah Peradangan

Cuka apel juga memiliki kandungan zat anti inflamasi yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit asam urat. Zat inflamasi atau yang dikenal juga dengan zat anti radang ini mampu mengatasi peradangan pada sendi akibat zat purin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, zat purin inilah yang menjadi penyebab utama penyakit asam urat.

Menurut sumber media, banyak yang berhasil mengobati penyakit asam urat yang dideritanya setelah mengkonsumsi secara rutin cuka apel. Selain itu, zat antioksidannya juga sangat berguna karena dapat menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan yang terdapat pada cuka apel memang tidak secara langsung dapat mengobati penyakit asam urat. Namun, kandungan dalam cuka apel dapat membantu mencegah penyakit asam urat. Manfaat cuka apel untuk asam urat bisa dirasakan ketika mengkonsumsi secara rutin dan ditambah dengan olahraga tentunya.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment