Diet

5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi

Makanan Penurun Darah Tinggi
Written by ridwan zaeni

Salah satu penyakit yang banyak menjangkiti dan menjadi musuh bagi orang-orang di Indonesia adalah penyakit darah tinggi. Setidaknya 427 ribu kasus dari total 63 juta kasus darah tinggi yang ada di Indonesia berujung pada kematian. Untuk mencegah darah tinggi bisa dilakukan dengan menghindari faktor risiko, berolahraga, dan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi berikut ini.

1. Mentimun

Penyakit darah tinggi disebabkan oleh kandungan garam natrium yang ada dalam makanan yang dikonsumsi terlalu tinggi. Tingginya kandungan garam natrium dalam tubuh ini tidak diimbangi dengan kadar kalium dalam makanan yang dikonsumsi. Kadar garam yang tinggi akan membuat menyebabkan banyak air yang terikat dalam darah sehingga volume darah menjadi meningkat.

Untuk menetralisir kondisi tersebut dapat dicapai dengan mengonsumsi mentimun karena memiliki kandungan Kalium yang cukup tinggi. Kalium ini dapat membantu mengatur jumlah garam natrium pada ginjal. Sehingga secara tidak langsung, kandungan kalium pada mentimun ini mampu mengontrol tekanan darah pada manusia. Mentimun juga mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C dan antioksidan.

2. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau juga memiliki khasiat yang sama dengan mentimun yakni untuk menurunkan tekanan darah manusia. Sayuran hijau seperti bayam, kubis, selada romaine, merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi. Kandungan kalium ini mampu mengontrol kadar natrium dalam darah melalui urin yang disaring dan dibuang melalui ginjal.

3. Buah Beri

Buah beri juga menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Di dalam buah beri, terdapat senyawa alami flavonoid yang dapat mencegah naiknya tekanan darah dan hipertensi. Beberapa buah beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry adalah jenis-jenis buah beri yang mengandung flavonoid sangat tinggi.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengkonsumsi buah beri ini. Cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung dalam keadaan dingin sebagai hidangan penutup. Cara lainnya bisa dengan mencampur buah beri dengan sereal atau granola dan mengkonsumsinya pada pagi hari.

4. Buah Bit Merah

Selain buah beri, buah bit merah juga dapat dijadikan sebagai makanan yang berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi. Buah bit memiliki kandungan nitric oxide yang tinggi dan dibutuhkan tubuh untuk mencegah naiknya tekanan darah dalam tubuh. Menurut berbagai penelitian dan ahli kesehatan menyebutkan, buah bit merah dapat langsung menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 24 jam saja.

Sama halnya dengan buah beri, untuk mengkonsumsi buah bit merah ini bisa dengan berbagai cara. Cara paling gampang adalah dengan membuat jus dan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Mengonsumsi jus buah bit dapat membantu pencegahan penyakit darah tinggi.

5. Susu Skim dan Yoghurt

Olahan susu seperti susu skim dan yoghurt juga dapat berfungsi sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Keduanya merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Selain itu, susu skim dan yoghurt ini juga rendah lemak sehingga sangat baik bagi tubuh dan bisa menjadi sebuah makanan yang dikonsumsi untuk program diet.

Yoghurt atau susu skim yang dikonsumsi setiap hari, atau minimal lima porsi dalam seminggu, dapat membantu menurunkan risiko penyakit darah tinggi hingga 20%. Mengkonsumsi yoghurt juga bermanfaat untuk membantu proses regenerasi kulit sehingga dapat membuat kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

Penyakit darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Mengonsumsi makanan penurun darah tinggi tentu saja tidak cukup untuk dapat mengobati penyakit ini. Harus diimbangi dengan mengatur pola hidup, berolahraga, dan tentu saja menghindari berbagai faktor pemicu seperti merokok misalnya.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment