Tips Hidup Sehat

Penting! Kenali Gejala ISPA Pada Anak, Sebelum Bertambah Parah!

Gejala ISPA Pada Anak
Written by ridwan zaeni

Anak-anak menjadi salah satu klaster yang rentan mengalami gangguan kesehatan dikarenakan imunitas tubuhnya yang relatif lebih rendah. Salah satu penyakit yang bisa menyerang anak-anak adalah ISPA, dan ini bisa menjadi salah satu penyakit yang serius jika tak ditangani segera. Dalam artikel ini mari simak uraian mengenai apa saja gejala ISPA pada anak yang wajib disadari agar bisa melakukan penanganan!

Apa Itu ISPA?

ISPA atau memiliki kepanjangan sebagai Infeksi Saluran Pernafasan Atas merupakan salah satu penyakit umum yang mewabah di Indonesia. Penyakit ISPA sendiri bekerja mempengaruhi sistem imun seseorang dan menyerang bagian vital pernafasannya. Pada penyakit ini sendiri biasanya menyerang saluran udara, hidung serta tenggorokan dan bisa dikatakan dalam segala rendah tidak membahayakan.

Untuk penanganan penyakit ISPA sendiri untuk tahapan awal sebenarnya bisa dilakukan sendiri dirumah jika masih belum parah. Biasanya infeksi pernafasan ini sendiri bertahan dalam tubuh tidak lebih dari 10 hari, namun jika lebih dari itu wajib dicurigai. Meski relatif banyak terjadi kasus ISPA ringan yang menyerang, namun pada anak-anak wajib diberikan perhatian ekstra begitu pula penanganannya.

Apa Saja Gejala yang Nampak Pada Penyakit ISPA Anak-anak?

Nah apa saja kiranya gejala yang nampak ketika anak-anak mendapatkan penyakit ISPA pada tubuhnya. Berikut ini akan ulasan mengenai gejala penyakit ISPA pada wajib dijadikan perhatian jika terjadi lebih dari 10 hari!

1. Hidung Tersumbat atau Pilek

Gejala pertama yang nampak ketika anak-anak terkena ISPA adalah hidung akan tersumbat dan mengalami pilek. Hal ini tentu dianggap wajar jika memang terjadi dalam waktu ringan juga mungkin dipengaruhi faktor cuaca. Namun jika terjadi lebih dari 10 hari dengan intensitas bertambah ini wajib dijadikan perhatian!

2. Anak-anak Mengalami Bersin

Selain gejala mirip pilek, tentu anak-anak penderita ISPA bisa mengalami bersin-bersin. Bersin-bersin dalam intensitas rendah tentu tidak akan membahayakan namun jika semakin bertambah intensitasnya itu patut dicurigai. Meski belum bertambah parah namun jika anak mengalami bersin-bersin ini sudah menjadi salah satu gejala ISPA yang wajib diperhatikan.

3. Mengalami Batuk-batuk

Gejala ISPA pada anak selanjutnya adalah anak akan mengalami batuk-batuk secara berkala. Pada awal gejala tentu intensitasnya tidak terlalu kentara namun batuk-batuk ini harus segera ditangani lho. Gejala batuk pada anak penderita ISPA ini beragam, bisa batuk kering, berdahak atau lainnya.

4. Sakit Tenggorokan Hingga Serak

Kemudian gejala ISPA lainnya yang nampak pada anak-anak adalah munculnya sakit tenggorokan hingga serak. Sakit tenggorokan ini berbuntut menghasilkan suara serak dan ketidaknyamanan ketika mengkonsumsi makanan. Namun tentu saja anak tetap harus diberikan gizi seimbang selama dalam masa perawatan dan mengalami gejala ISPA ini.

5. Suhu Tubuh Naik atau Demam

Selain gejala yang merebak lewat organ pernapasan seperti hidung, mulut dan tenggorokan. Gejala ISPA yang menyerang anak-anak juga menimbulkan gejala suhu basal tubuh naik dan mengakibatkan demam. Untuk kisaran suhu demam antar anak sendiri bisa berbeda-beda.

6. Sakit Kepala Hingga Nyeri Otot yang Menyerang

Gejala terakhir yang nampak pada penderita ISPA anak-anak adalah adanya sakit kepala hingga nyeri otot. Dimana untuk intensitas sakit kepala dan nyeri otot ini bisa semakin berkembang seiring seriusnya penyakit ISPA yang diderita. Jika anak sudah mengalami gejala ini ada baiknya segera lakukan tindakan serius!

Jadi itulah diatas beberapa uraian mengenai gejala ISPA pada anak yang bisa dijadikan perhatian agar jika ISPA menyerang bisa melakukan penanganan. Mengenai gejala ISPA tentu saja bisa menekan tingkat penyerangan penyakit pada organ pernapasan yang vital pada anak. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri, lingkungan dan anak serta segera lakukan tindakan medis jika ISPA menyerang.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment