Kesehatan

10 gaya hidup menuju pola hidup sehat

gaya pola hidup sehat
Written by ridwan zaeni

Pola hidup sehat sebaiknya diterapkan secara bertahap. Secara umum ada 10 langkah untuk menerapkan pola hidup sehat. Sebelum mulai menerapkan 10 pola hidup sehat alangkah baiknya jika kita menghindari dulu atau mengurangi gaya hidup tidak sehat kita sebelumnya.

pola gaya hidup sehat
Illustration of healthy lifestyle

Pola hidup sehat adalah sebuah keharusan. Kendati demikian pola hidup sehat cukup sulit untuk dilakukan. Tidak semua orang dapat menerapkan pola hidup sehat sebagai gaya hidup. Padahal pola hidup sehat memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

Pola hidup yang sehat akan mempengaruhi kehidupan seseorang. beberapa penyakit bahkan bisa sembuh dengan menjalankan pola hidup sehat. Selain dengan kesehatan pola hidup saya juga mampu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi seseorang.

Pengertian pola hidup sehat

Alangkah baiknya apabila semua orang dapat menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Kualitas hidup seseorang akan meningkat dengan penerapan pola hidup sehat. Sebelum mengetahui bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat mari kita belajar apa itu pola hidup sehat.

Pengertian pola hidup sehat berkaitan dengan gaya hidup. pola hidup sehat merupakan gaya hidup dengan memperhatikan semua sisi kesehatan. Mulai dari asupan makanan hingga aktivitas akan diperhatikan dengan baik oleh seseorang yang menerapkan pola hidup sehat.

Cara pola hidup sehat juga cukup beragam. Pola hidup sehat sangat dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu jika ingin menerapkan pola hidup sehat kita harus menyesuaikan aktivitas serta kebiasaan sehari-hari.

Pola hidup sehat sudah diajarkan sejak zaman dulu. Bahkan Rasulullah sudah mengajarkan pola hidup sehat ala Rasulullah. Mulai menerapkan kembali pola hidup sehat. Tujuannya tentu saja agar kita memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Penerapan pola hidup sehat

Pola hidup sehat sebaiknya diterapkan secara bertahap. Secara umum ada 10 langkah untuk menerapkan pola hidup sehat. Sebelum mulai menerapkan 10 pola hidup sehat alangkah baiknya jika kita menghindari dulu atau mengurangi gaya hidup tidak sehat kita sebelumnya.

Jika kita memiliki kebiasaan merokok tidur larut malam dan mengonsumsi makanan cepat saji maka sebaiknya kita mulai dengan menghindari kebiasaan tersebut. Jika kita sudah bisa menghindarinya maka kita bisa lanjut ke tahap berikutnya untuk menerapkan pola hidup sehat.

Alasannya adalah karena menerapkan pola hidup sehat merupakan sebuah komitmen. Komitmen untuk menjalani pola hidup sehat tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat melainkan merupakan sebuah proyek jangka panjang.

Untuk itu sebelum kita memulai pola hidup sehat sebaiknya tetapkan dalam diri kita mengenai komitmen untuk hidup sehat. 

Sebagai contoh pola hidup sehat mengharuskan kita untuk rutin berolahraga serta makan makanan yang sehat. Akan cukup sulit bagi orang tidak terbiasa. Oleh sebab itu sebaiknya gaya pola hidup sehat dijalankan olahan lahan hingga menjadi sebuah kebiasaan.

Cara menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah proyek jangka panjang yang dilakukan dalam waktu yang lama dan membutuhkan ketekunan. Oleh sebab itu sebaiknya kita memulai pola hidup sehat dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Perhatikan asupan makan

Makanan sangat mempengaruhi kesehatan kita. Melalui makanan kita bisa menjadi sehat namun sebaliknya melalui makanan juga kita bisa terserang berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu jika ingin menerapkan pola hidup sehat maka kita harus mengubah pola makan kita.

Pola makan hidup sehat sebenarnya cukup sederhana. Kita bisa mulai dengan mengurangi junk food dan makanan berpengawet. Sebaiknya ganti cemilan dengan buah-buahan dan banyak minum air putih.

Selain buah-buahan kita juga bisa mengganti jumlah dengan yoghurt. Sebaiknya kita juga mengganti nasi putih dengan nasi merah, ubi atau kentang. 

Pastikan juga kita makan dengan gizi seimbang. Setiap makanan yang kita makan harus mengandung karbohidrat kompleks, protein hewani dalam jumlah yang cukup, protein nabati, lemak sehat, vitamin dan mineral yang bisa didapat dari sayur-sayuran.

Selain lebih memperhatikan apa yang kita makan kita juga harus mengolah bahan makanan dengan baik. Jangan sampai bahan makanan yang berharga menjadi rusak karena proses pengolahan yang tidak baik. Hindari menggoreng makanan dengan minyak yang banyak.

2. Rutin berolahraga

Tips pola hidup sehat berikut adalah dengan rutin berolahraga. Luangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk melakukan olahraga ringan. Anda bisa mulai dengan jogging atau jalan santai di lingkungan sekitar rumah.

3. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menerapkan pola hidup sehat. Meditasi sebagai gaya pola hidup sehat adalah hal yang telah umum dilakukan oleh banyak orang. Ini karena pola hidup saya tidak hanya berkaitan dengan fisik namun juga mental.

Melalui meditasi diharapkan seseorang dapat memperoleh ketenangan batin. Dengan hati yang tenang dan mental yang sehat maka kondisi kesehatan fisik pun akan membaik. Meditasi bentuknya bisa beragam tidak hanya yoga namun juga liburan ibadah dan mengobrol santai dengan teman.

7 langkah pola hidup sehat menurut WHO

4. Mengurangi konsumsi gula

Tips berikut ini mungkin cukup berat namun sangat dianjurkan. Pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gula juga bisa digunakan sebagai pola hidup sehat remaja. Karena pada dasarnya tidak hanya orang yang berusia lanjut saja yang mengurangi gula tetapi juga harus mengurangi konsumsi gula.

Sebaiknya kurangi konsumsi minuman kekinian yang mengandung banyak gula. Kita bisa menggantinya dengan jus buah tanpa gula atau mengganti gula dengan madu. Kadar gula yang tinggi merupakan sumber penyakit berbahaya.

5. Sarapan setiap hari

Selain menerapkan makanan pola hidup sehat kita juga harus mengatur jam makan kita. Kita harus membiasakan diri untuk sarapan setiap hari maksimal pukul 9. Jam sarapan yang terbaik adalah pukul 7 pagi.

Pada jam 7 pagi penyerapan nutrisi akan lebih baik dan maksimal. Kita akan lebih produktif dan bertenaga lama seharian. Jika setiap hari tidak diberikan asupan nutrisi maka tubuh akan melemah sepanjang hari.

6. Hindari asap rokok

Meski kita tidak merokok namun bahaya asap rokok juga dapat mengancam kesehatan kita. Ucapkan ke hidup sehat sebaiknya kita juga menghindari adanya asap rokok. Asap rokok memberikan pengaruh yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Ada orang merokok dekat kita sebaiknya kita menghindari saja.

7. Rutin berjemur

Siapa sangka jika kebiasaan nenek moyang kita untuk menjemur bayi pada pagi hari memiliki banyak manfaat. Bayi yang baru lahir orang dewasa juga perlu untuk mendapatkan paparan sinar matahari. 

Dengan berjemur di pagi hari maka kita akan mendapatkan asupan vitamin d. Sinar matahari mampu membantu tubuh kita untuk memproduksi vitamin d dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh sebab itu mulai sekarang kita harus rutin berjemur di pagi hari.

8. Latihan pernafasan

Tubuh kita sangat memerlukan oksigen. Meski kita menghirup oksigen setiap saat namun sebenarnya ada teknik tersendiri untuk melakukan pernapasan. Caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam lalu menahannya selama 5 sampai 10 detik. Setelah itu hembuskan perlahan.

teknik pernapasan yang baik akan memberikan asupan oksigen yang banyak bagi tubuh kita. Dengan melakukan teknik pernapasan yang benar tadi perasaan ini tubuh akan lebih rileks dan gangguan tidur juga akan teratasi dengan baik.

9. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup merupakan pola hidup sehat yang paling utama. Minimal kita harus hidup 7 hingga 8 jam perhari. Tidur atau istirahat yang cukup kita juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

10. Minum multivitamin

Sebaiknya Anda mulai rutin minum vitamin apabila tubuh mulai merasa lemah. Multivitamin dapat membantu tubuh anda untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun sebaiknya anda tidak minum vitamin setiap hari hanya jika kondisi tubuh mulai memburuk saja.

Kesimpulannya adalah gaya pola hidup sehat memiliki banyak manfaat. Kunci dari penerapan pola hidup sehat adalah komitmen dan kemauan yang keras. Karena pola hidup sehat harus dijalani dalam jangka waktu yang panjang dan terus menerus serta konsisten. 

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment