Diet

Fakta dan Cara Diet Golongan Darah O yang Aman

Cara Diet Golongan Darah O
Written by ridwan zaeni

Sebelum menjalankan cara diet golongan darah O di atas, tentu sudah sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu

Mendapatkan berat badan ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Banyak orang sampai rela untuk melakukan diet demi bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu rekomendasi para ahli gizi dalam melakukan diet adalah dengan diet berdasarkan golongan darah. Khusus untuk yang bergolongan darah O, berikut ini cara diet golongan darah O yang dianjurkan.

Tentang Diet Golongan Darah

Gaya hidup sehat yang sedang berkembang di masyarakat membuat banyak yang mulai membuka mata tentang program diet. Tujuan program diet ini agar dapat menekan masalah obesitas yang menjadi sumber dari berbagai masalah penyakit. Salah satu program diet yang dianjurkan adalah diet yang berdasarkan pada golongan darah.

Program diet berdasarkan golongan darah ini bermula dari seorang dokter naturopati yang meyakini bahwa sistem pencernaan dalam tubuh dipengaruhi oleh golongan darah. Setiap golongan darah memiliki cara yang berbeda dalam mengolah makanan. Oleh sebab itu, agar sebuah program diet bisa berjalan dengan maksimal, harus memperhitungkan golongan darahnya.

Dalam setiap program diet berdasarkan golongan darah, terdapat tiga kategori yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah makanan bermanfaat yang mendukung program diet, kedua adalah makanan netral, dan yang terakhir adalah makanan yang harus dihindari. Hal ini karena berdasarkan penelitian para ahli, masing-masing golongan darah memiliki jenis makanannya sendiri-sendiri.

Cara Diet Golongan Darah O

Setelah mengerti sekelumit tentang diet golongan darah, selanjutnya mari membahas bagaimana diet yang tepat bagi orang bergolongan darah O. Orang bergolongan darah O memiliki sistem kekebalan dan pencernaan yang baik. Oleh sebab itu, cara diet golongan darah O yang tepat adalah diet protein tinggi. Berikut penjelasan secara detailnya.

1. Memahami Jenis Makanan yang Disarankan dan yang Dihindari

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa ada tiga kategori yang harus diperhatikan ketika menjalankan program diet berdasarkan golongan darah. Begitu juga dengan golongan darah O, ada beberapa makanan yang harus diperhatikan karena ada yang disarankan dan ada yang harus dihindari.

Makanan yang disarankan untuk diet golongan darah O adalah ikan dan daging. Beberapa jenis ikan seperti ikan kod, ikan haring, atau jenis daging seperti daging sapi dan domba merupakan jenis makanan yang disarankan. Namun, ada juga jenis ikan dan daging yang sepatutnya dihindari seperti ikan lele dan daging babi.

Kalkulator BMI, menghitung berat badan ideal

Orang yang bergolongan darah O juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah pisang dan mangga serta menghindari buah melon atau jeruk. Yang perlu diperhatikan juga, orang yang menjalankan diet golongan darah O sebaiknya membatasi konsumsi biji-bijian seperti padi, kacang, gandum, hingga jagung.

2. Berolahraga Sesuai Golongan Darah

Untuk membuat program diet semakin lancar perlu juga didukung dengan kegiatan olahraga. Khusus untuk yang bergolongan darah O disarankan untuk olahraga yang mampu melatih ketahanan tubuh. Salah satu jenis olahraga ini yang disarankan adalah berlari. Berolahraga secara rutin tentu akan membuat program diet sesuai golongan darahnya menjadi berjalan baik.

3. Tambahkan Suplemen

Agar program diet semakin sempurna bisa juga ditambahkan dengan mengonsumsi suplemen-suplemen tertentu. Untuk orang bergolongan darah O, suplemen yang dianjurkan sebaiknya memiliki kandungan vitamin B dan asuman kalsium. Sebaiknya kurangi mengonsumsi produk susu karena dapat menimbulkan masalah pencernaan bagi orang bergolongan darah O.

Sebelum menjalankan cara diet golongan darah O di atas, tentu sudah sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi. Para dokter dan ahli gizi akan menyarankan program diet yang lebih aman dan tentu lebih efektif. Sebab ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi berat badan selain golongan darah.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment