Kesehatan dewasa

Ciri Ciri Sakit Asam Urat, Cara Mencegah, dan Mengatasinya

Ciri Ciri Sakit Asam Urat
Written by ridwan zaeni

Penyakit asam urat rasanya sudah menjadi hal yang biasa di kalangan masyarakat Indonesia. Penyakit asam urat sangat lekat dengan stigma penyakit yang kerap diderita oleh orang yang sudah tua. Lalu seperti apa ciri ciri sakit asam urat dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Ciri Ciri Sakit Asam Urat

Sama seperti penyakit yang lainnya, penyakit asam urat juga memiliki ciri-ciri tertentu yang bisa dikenali. Mengenali ciri-ciri penyakit asam urat bisa membantu untuk cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri sakit asam urat yang bisa dikenali.

1. Nyeri Sendi dan Bengkak pada Waktu Malam

Ciri pertama seseorang menderita dan mengalami penyakit asam urat adalah nyeri pada persendian. Terkadang rasa nyeri ini bersama dengan linu bahkan bisa menjadi bengkak. Untuk beberapa keadaan bisa juga disertai dengan rasa kesemutan pada permukaan kulit dan radang sendi yang tampak merah. Rasa nyeri ini biasanya muncul pada waktu malam hari menjelang tidur.

Umumnya orang yang menderita penyakit asam urat akan mengalami rasa nyeri pada bagian sendi kaki. Pada pusat nyerinya, terkadang muncul warna merah dengan rasa panas dan nyeri saat digunakan untuk berjalan. Kadang-kadang, pada pusat nyerinya muncul bengkak sebagai tanda bahwa orang tersebut menderita asam urat tinggi.

2. Sendi Menjadi Keras dan Susah Bergerak

Orang yang menderita penyakit asam urat seringkali merasakan sendi kakinya menjadi keras dan susah bergerak. Namun anehnya, bila ditekan, sendi yang bermasalah tersebut akan terasa lunak. Hal ini bisa terjadi karena ada jaringan pelapis sendi yang membengkak. Selain itu pada bagian sendi, terjadi kadar cairan sinovial atau cairan pelumas sendi.

3. Rasa Panas di Sekitar Sendi

Selain merasakan sendi terasa keras dan susah untuk menggerakkan, orang yang menderita penyakit asam urat juga merasakan rasa panas di sekitar sendi. Rasa panas ini muncul sebagai efek dari proses peradangan yang terjadi di bagian persendian.

Rasa panas seperti terbakar ini membuat tubuh kemudian melepaskan protein yang membuat cairan di sekitar sendi berkumpul menjadi satu. Ini merupakan ciri sakit asam urat yang sering dialami penderitanya.

Adanya cairan di sekitar sendi yang berkumpul dan meningkat jumlahnya ini membuat sendi menjadi terlihat ada pembengkakan. Aliran darah yang melewati pusat sendi yang nyeri juga semakin meningkat sehingga penderita akan merasakan rasa hangat pada bagian tersebut.

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat memang tidak tergolong ke dalam penyakit yang berbahaya. Namun, rasa sakit yang dirasakan oleh penderita asam urat begitu menyiksa. Sehingga tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Untuk mencegah penyakit asam urat, mulai sekarang kontrol makanan yang akan dikonsumsi.

Penyakit asam urat disebabkan karena oleh zat purin yang banyak terendap pada bagian sendi dan menyebabkan nyeri pada sendi. Oleh sebab itu, cara paling tepat dalam mencegah penyakit asam urat adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung atau berpotensi menghasilkan zat purin. Beberapa makanan yang bisa dihindari adalah seafood dan jeroan.

Selain itu, bila sudah terasa nyeri pada bagian sendi sebagai tanda bahwa sudah terkena penyakit asam urat, tidak ada hal lain selain berobat ke dokter sebagai solusi. Dokter akan membuatkan resep obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang kambuh.

Dari artikel di atas bisa disimpulkan bahwa ciri ciri sakit asam urat yang bisa dikenali antara lain rasa nyeri pada bagian persendian. Untuk mencegah penyakit asam urat bisa dengan mengurangi konsumsi makanan tertentu. Dan bila rasa nyeri terasa sangat mengganggu, segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment