Kesehatan dewasa

Yuk Simak Penjelasan Mengenai Ciri-Ciri Penyakit Jantung Koroner Yang Wajib Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Koroner
Written by ridwan zaeni

Penyakit jantung koroner pada umumnya terjadi akibat kondisi pembuluh darah jantung manusia tersumbat. Pembuluh jantung yang tersumbat tadi disebabkan karena tertimbun oleh lemak. Karena lemak yang semakin banyak menumpuk tersebut menyebabkan arteri semakin menyempit. Namun sebelumnya, ada ciri-ciri penyakit jantung koroner yang biasa dirasakan seperti nyeri pada dada.

Karena memang penyakit jantung biasanya terjadi pada bagian dada yang menjalar ke bahu. Namun ada juga penderita penyakit jantung koroner yang tidak mengenali ciri-cirinya. Sehingga penderita tidak langsung ditangani oleh dokter. Nah, berikut ini adalah paparan mengenai ciri-ciri penyakit jantung koroner yang wajib diketahui.

1. Mudah Merasa Lelah

Pada awalnya seseorang jika bekerja tidak mudah merasa lelah meskipun mengerjakan pekerjaan yang berat. Namun jika terkena penyakit jantung koroner, lelah menjadi mudah dirasakan. Hal tersebut diakibatkan karena jantung sudah tidak berfungsi lagi secara normal. Bukan hanya mudah lelah saja, akan tetapi seseorang yang memiliki ciri-ciri penyakit jantung koroner sering juga merasa pusing.

2. Merasa Nyeri Pada Bagian Dada

Orang yang menderita penyakit jantung koroner juga sering merasa nyeri pada bagian dada. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan darah yang kaya akan oksigen masuk ke otot jantung. Sehingga bagian dada akan terasa berat atau seperti tertindih sesuatu. Rasa nyeri muncul ketika seorang penderita sedang melakukan aktivitas atau sedang dalam kondisi stres emosional.

3. Merasakan Keringat Dingin dan Muntah

Merasakan keringat memang merupakan hal yang wajar terjadi ketika seseorang sedang dalam kondisi suhu yang panas. Namun jika merasakan keringat yang disertai dengan mual dan muntah bukan lah sesuatu yang wajar. Biasanya hal ini dinamakan iskemia yang terjadi akibat pembuluh darah menyempit. Sehingga secara tidak langsung otot-otot jantung seseorang menjadi kekurangan oksigen.

4. Merasa Sesak Napas

Sesak napas biasanya terjadi pada orang yang sedang mengidap penyakit asma. Namun sesak nafas bukan hanya dialami oleh orang mengidap penyakit asma saja. Akan tetapi orang yang mengalami penyakit jantung koroner pun memiliki ciri-ciri sesak napas. Dimana jantung tidak dapat berfungsi dengan baik dalam memompa darah menuju paru-paru.

5. Mendengkur Saat Tidur

Kegiatan mendengkur saat tidur masih dapat dikategorikan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang normal karena seseorang lelah setelah melakukan aktivitas. Akan tetapi dengkuran saat tidur yang disertai dengan bersuara keras dan seperti orang terdesak itulah hal yang berbahaya. Dimana hal ini merupakan ciri-ciri dari penyakit jantung koroner yang tidak boleh disepelekan.

6. Jantung Terasa Berdebar

Ciri-ciri selanjutnya adalah irama jantung terasa berdebar atau disebut palpitasi. Jantung berdebar ini disebabkan karena kondisi jantung terasa berdenyut terlalu cepat dan kencang. Di samping denyutan yang cepat juga tidak beraturan yang disertai dengan pusing dan sesak napas.  Selain itu, sensasi denyutan pada jantung dapat dirasakan pada area tenggorokan dan leher penderita jantung koroner.

7. Mengalami Batuk Kering Yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk kering yang terjadi memang sesuatu yang masih bisa dianggap wajar. Namun batuk kering yang dialami dalam waktu yang berkepanjangan dalam hitungan bulan memang harus diwaspadai. Hal ini bisa saja merupakan ciri-ciri penyakit jantung koroner yang tidak diketahui oleh banyak orang. Maka dari itu, perlu dilakukan konsultasi kepada pihak dokter.

Penjelasan mengenai ciri-ciri penyakit jantung koroner sangat penting untuk diketahui. Sehingga jika terjadi salah satu dari gejala di atas bisa langsung konsultasi dengan pihak dokter. Dengan tujuan agar bisa ditangani lebih lanjut mengenai gejala yang dialami. Selain itu, perbanyak makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, vitamin B6, dan juga kalium.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: