Kesehatan Tak Berkategori

Penyebab dan Ciri Ciri Leukimia Pada Anak

Ciri Ciri Leukimia Pada Anak
Written by ridwan zaeni

Penyakit kanker masih terdengar menyeramkan saat ini, karena belum ada penyembuhan yang pasti. Salah satu penyakit kanker yang sering terjadi adalah kanker darah, 60 % kanker darah adalah leukemia. Penyakit ini tidak pandang usia, bahkan anak-anak pun bisa menjadi korban. Orang tua harus mengetahui ciri ciri leukimia pada anak untuk penanganan dini.

Penyebab Leukimia Pada Anak

Penyebab leukimia belum diketahui secara pasti hingga saat ini, namun ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan anak terserang kanker darah. Salah satu faktor resiko yang paling besar adalah genetik atau faktor keturunan. Faktor ini tidak bisa dikendalikan, jika anak dari keluarga yang memiliki bakat kanker, maka besar kemungkinannya anak akan terkena kanker.

Ini menjadi faktor paling kuat yang menjadi penyebab leukimia pada anak-anak, karena faktor lain seperti lifestyle belum signifikan di usia anak-anak. Oleh sebab itulah penyebab leukimia pada anak belum diketahui secara pasti. Meskipun penyebabnya belum diketahui, namun ciri ciri leukimia pada anak bisa dikenali sejak dini.

Ciri-Ciri Leukimia Pada Anak

Setiap penyakit pasti memiliki gejala yang dapat dikenali dan bisa membantu menegakan diagnosa awal. Begitu juga dengan leukemia pada anak, ciri ciri leukimia pada anak sangat jelas bisa dilihat seperti di bawah ini:

1. Mudah Lembam

Anak yang mengalami leukimia akan mudah mengalami lebam, ketika anak jatuh atau terbentur sesuatu maka akan muncul lebam kebiruan. Lebam tersebut tidak mudah hilang, hal ini disebabkan trombosit yang sangat rendah di bawah nilai normal sehingga proses pembekuan darah tidak berlangsung normal.

2. Nyeri Sendi

Saat pasien leukemia anak datang ke dokter seringkali menunjukkan gejala nyeri pada sendi. Pasien akan mengeluh mudah lelah dan nyeri pada setiap sendinya, hal ini bisa disebabkan karena kadar hemoglobin yang rendah dalam darah sehingga merasa mudah lelah serta nyeri sendi.

3. Wajah Pucat

Selain nyeri sendi anak anak juga akan menunjukkan ciri wajah yang pucat tidak seperti anak normal lainnya. Bahkan lebih pucat dibanding anak yang sedang sakit. Hal ini disebabkan kurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuhnya sehingga anak menunjukkan gejala wajah yang pucat.

4. Perut Buncit

Tidak jarang anak mengalami perut yang buncit sebagai salah satu ciri ciri leukimia pada anak. Hal ini disebabkan oleh pembesaran liver atau hati pada anak dengan leukemia, sehingga perut menjadi buncit dan tampak bengkak.

5. Demam dan Menggigil

Kadar leukosit atau sel darah putih pada pasien leukimia akan meningkat tajam jumlahnya melebihi nilai normal, bahkan saat infeksi. Selain itu sel darah putih yang biasanya bertindak sebagai imunitas tubuh akan berbalik memakan sel darah merah sehingga terjadi inflamasi. Inilah yang menyebabkan anak demam tinggi dan menggigil.

6. Berat Badan Turun Drastis

Pada keadaan kanker metabolisme tubuh menjadi sangat tinggi, sehingga akan menyebabkan kebutuhan energi anak menjadi sangat tinggi. Jika ini tidak terpenuhi maka simpanan lemak dan otot anak akan dibongkar dan menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba.

7. Keringat Berlebihan

Keadaan demam pada akan menyebabkan anak akan berkeringat terus menerus, terutama di malam hari. Keringatnya tidak seperti biasa, bahkan nampak berlebihan dan tidak wajar bagi seorang anak kecil.

Itulah penyebab dan ciri ciri leukimia pada anak yang penting untuk diketahui para orang tua. Agar dapat mengenali secara dini apabila terjadi pada anak-anak, sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih awal. Dengan demikian kemungkinan sembuh akan menjadi lebih besar.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment