Tips Hidup Sehat

5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol
Written by ridwan zaeni

Kolesterol sudah menjadi musuh bersama manusia di manapun termasuk di Indonesia. Kolesterol yang tinggi merupakan penyebab utama berbagai masalah penyakit serius, apalagi yang berkaitan dengan kardiovaskuler. Banyak orang mencoba mencari cara agar dapat menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat. Hal tersebut bisa terjadi bila mengikuti cara menurunkan kolesterol berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan musuh bagi kolesterol. Sehingga dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin merupakan sebuah cara menurunkan kolesterol yang sangat tepat. Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat dalam buah dan sayur ini dapat membantu penyerapan kolesterol yang ada dalam tubuh dan dibuang melalu saluran cerna.

Kolesterol yang menempel pada pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah akan ikut tergerus oleh serat pada buah dan sayur. Menurut penelitian, mengkonsumsi 500 gram buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan cepat. Selain itu buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

2. Kurangi Makanan Berlemak, Perbanyak Makanan Kaya Omega 3

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak adalah sumber utama kolesterol, sehingga dengan mengurangi mengonsumsi makanan berlemak akan mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh. Salah satu contoh makanan berlemak yang dimaksud adalah gorengan. Meskipun enak, tetapi gorengan memang membawa efek buruk bagi tubuh.

Sebagai penggantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan Omega-3 dan rendah lemak. Makanan yang kaya akan Omega-3 dan rendah lemak yang bisa dikonsumsi seperti berbagai jenis ikan, kacang kenari, ayam, tahu, tempe, dan sebagainya. Makanan yang kaya akan Omega-3 akan membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida yang terkandung dalam darah.

3. Mengonsumsi Makanan dengan Serat Larut

Bila mengonsumsi makanan dengan serat seperti buah dan sayur dan makanan yang kaya Omega-3 masih dirasa kurang, bisa ditambahkan makanan dengan kandungan serat larut. Makanan yang mengandung serat larut juga bisa membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Contoh makanan yang mengandung serat larut yaitu kacang merah, brokoli, gandum, atau apel.

Selain itu, bila perlu tambahkan juga berbagai produk suplemen yang mengandung serat larut. Serat larut yang dimaksud adalah kandungan Beta Glucan dan Inulin. Dua kandungan ini terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat, sementara Inulin bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang ada dalam darah. Namun, sebelum mengonsumsi produk suplemen ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang terkait.

4. Kontrol Berat Badan dengan Olahraga Teratur

Berikutnya agar dapat menurunkan kolesterol dengan cepat, lakukan olahraga secara teratur setiap hari. Olahraga memang sudah disarankan oleh banyak dokter sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol yang efektif. Berolahraga secara teratur juga dapat membantu tubuh untuk senantiasa bugar dan terhindar dari penyakit.

Jangan lupa juga untuk mengontrol berat badan karena biasanya kolesterol dapat dideteksi dengan mudah dari berat badan. Orang dengan berat badan yang berlebih berisiko memiliki jumlah kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya. Untuk mengontrol berat badan bisa dengan melakukan diet yang sehat.

5. Hindari Rokok

Tak lupa juga untuk menghindari dan meninggalkan kebiasaan merokok. Kegiatan merokok tidak memberikan dampak positif apapun pada tubuh. Sebaliknya, merokok justru dapat membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit, seperti kolesterol.

Sebelum memulai langkah-langkah untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Konsultasikan tentang cara menurunkan kolesterol yang baik sehingga kolesterol tidak hanya turun, tetapi tubuh juga tetap sehat. Menjaga kesehatan tubuh benar-benar penting untuk saat-saat seperti sekarang ini.

https://sehat24.com/8-cara-menjaga-kesahatan-tulang-secara-alami/-%20sehat24

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment