Diet

Tips Sehat cara menurunkan Berat Badan

Background photo created by drobotdean - www.freepik.com
Written by ridwan zaeni
Tips sehat untuk menurunkan berat badan
Portrait of a happy bearded fitness man measuring his waist with tape isolated on a orange background

Banyak diantara kita yang menginginkan untuk memiliki badan yang ideal, salah satunya yaitu dengan mencari cara menurunkan berat badan yang sehat. Setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan agar dapat memiliki tubuh yang diinginkan dan juga sehat.

Terkadang banyak yang sudah melakukan olahraga secara rutin dalam waktu yang cukup lama dan juga cukup menguras tenaga serta energi yang ada, namun berat badan mereka masih belum dapat turun atau hanya berubah sangat sedikit angkanya. Oleh karena itu, perlu untuk memperhatikan lagi apakah cara yang digunakan sudah tepat atau masih belum seimbang sehingga tidak berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Dalam artikel ini, nantinya akan dibahas terkait dengan cara alami menurunkan berat badan sehingga proses penurunan berat badan yang dilakukan tetap sehat dan tidak merugikan tubuh.

Berbagai Usaha Untuk Menurunkan berat Badan

Dalam dunia kesehatan, sebenarnya tidak ada yang dinamakan cara cepat menurunkan berat badan karena semua tentu saja membutuhkan proses dan juga waktu agar mendapatkan hasil yang terbaik dan juga maksimal. Namun, hal ini bukan berarti bahwa tidak mungkin untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Mengurangi konsumsi kalori

Terdapat beberapa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari yang dapat disesuaikan untuk menjadi lebih sehat agar berat badan dapat terkontrol dengan baik. Salah satu hal yang cukup sulit dilakukan adalah untuk mengurangi porsi untuk kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Menyesuaikan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dapat membantu untuk tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan namun tidak akan memberikan efek pada jumlah berat badan yang bertambah.

Mengurangi konsumsi gula

Selain melakukan kontrol terhadap konsumsi kalori, cara menurunkan berat badan alami juga perlu untuk menghindari konsumsi gula yang berlebih. Gula yang berlebih ini biasanya didapatkan melalui makanan penutup yang manis, soda, boba, dan juga camilan yang manis. Dalam mengonsumsi makanan, dapat menggunakan jenis makanan yang segar dan tidak mengandung banyak lemak, gula, bahkan MSG dan juga pengawet.

Konsumsi air putih yang cukup

Selain makanan, tubuh juga membutuhkan konsumsi air putih yang cukup agar dapat membantu tubuh untuk tetap menjaga metabolismenya. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu untuk menjaga konsumsi mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dengan  cukup. Air putih ini dapat menjadi langkah pertama dalam upaya yang dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Cukup berolahraga

Selain usaha menurunkan berat badan diatas, kita juga perlu untuk mengurangi lemak yang berada di dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi lemak tersebut yaitu dengan cara melakukan olahraga seperti kardio selama kurang lebih 30 menit.

Istirahat yang cukup

Selain olahraga, tubuh juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup yang digunakan untuk memproses berbagai macam hormon. Maka dari itu, penting untuk memiliki waktu tidur yang terjadwal dan juga berkualitas baik.

Diet Sehat yang Dapat Dicoba Untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak yang menggunakan diet sebagai cara menurunkan berat badan yang digunakan karena dinilai paling dapat menurunkan berat badan. Namun, diet ini juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan bukan berarti untuk berhenti mengonsumsi makanan yang berujung pada menyiksa tubuh.

Memang menurunkan berat badan dengan cepat dapat dengan berdiet, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan karena diet sendiri berarti menyesuaikan konsumsi dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. Cara diet yang tidak tepat justru juga dapat malah membawa berat badan menjadi melambung lebih tinggi.

Maka dari itu, diet merupakan salah satu proses untuk menyesuaikan pola makan sehingga apa yang dikonsumsi pasti bergizi dan juga dapat memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Melalui diet, cara cepat turunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara memilih makanan apa yang tepat untuk tubuh dan kandungannya memang diperlukan oleh tubuh.

Makanan ini dapat berupa berbagai macam sayur, buah-buahan, makanan berprotein namun rendah lemak, dan juga kacang-kacangan. Selama melakukan diet, sebaiknya banyak menghindari makanan yang disediakan dalam kemasan dan juga gorengan karena kandungan gula serta lemaknya yang cukup tinggi.

Selain jenis makanan, perlu juga untuk mengatur porsi makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Pastikan bahwa makanan yang ada dalam piring sudah memiliki kandungan gizi yang seimbang dan porsi tidak berlebihan.

Dalam urusan konsumsi makanan, cara diet sehat dan cepat adalah dengan menerapkan sikap disiplin kepada diri sendiri, termasuk juga dalam jadwal makan yang digunakan. Memiliki waktu makan yang terjadwal dengan baik dapat membantu untuk tubuh menyeimbangkan metabolisme yang dimilikinya dengan baik.

Diet yang baik juga dapat didukung dengan kebiasaan berolahraga yang teratur untuk membantu menyeimbangkan proses metabolisme tubuh. Selain itu juga, menghindari konsumsi hal-hal yang sifatnya kurang baik untuk tubuh, seperti minuman beralkohol dan juga merokok dapat membantu tubuh untuk menjadi lebih sehat dan tidak mudah menambah berat badan.

Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Dalam proses diet, makanan yang dikonsumsi memegang faktor yang cukup penting sebagai faktor yang dapat membantu tubuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Maka dari itu, mengetahui makanan apa saja yang baik untuk tubuh untuk mendukung diet yang sedang dijalankan dapat membantu tubuh untuk memiliki berat badan yang ideal.

Memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi dapat juga membuat diri menjadi lebih menyadari akan pentingnya kesehatan yang dimiliki oleh tubuh dan lebih mudah untuk memilah mana yang sebaiknya dimasukkan ke dalam tubuh dan mana yang tidak.

Terdapat beberapa jenis makanan untuk menurunkan berat badan yang dapat membantu usaha diet. Seperti konsumsi oatmeal yang di dalamnya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan juga glikemik yang rendah.

Oatmeal ini sendiri juga mengandung banyak gizi seperti vitamin B1, protein, fosfor, hingga juga magnesium yang tetap membuat tubuh berenergi dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Oatmeal ini baik untuk dikonsumsi ketika sarapan, sebelum memulai hari. Terdapat pula apel yang dapat membantu untuk menahan rasa lapar dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat mencegah diri untuk mengonsumsi makanan pokok dalam porsi yang berlebihan.
Beberapa makanan untuk diet cepat kurus lainnya yaitu brokoli yang kandungan kalorinya cukup rendah namun tinggi serat, mineral, dan juga vitamin. Brokoli juga memberikan manfaat tinggi bagi tubuh karena dapat membantu untuk mengontrol kandungan kadar gula yang ada dalam darah. Makanan lain yang baik untuk dikonsumsi ketika diet adalah ikan yang kandungannya sendiri sudah familier bagi masyarakat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Beberapa bahan dasar tersebut dapat diolah dengan menyesuaikan selera agar diet dapat berjalan dengan lancar tetapi juga tubuh tetap sehat. Berbagai cara menurunkan berat badan yang ingin dicoba juga dapat dikonsultasikan dulu terhadap ahli gizi atau dokter untuk dapat memahami kebutuhan tubuh secara lebih dalam lagi sehingga usaha menurunkan berat badan dapat tepat sasaran.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment