Kesehatan Tak Berkategori

Cara Mengobati Kutu Air Secara Alami Agar Sembuh Dan Tak Kembali

Cara Mengobati Kutu Air Secara Alami
Written by ridwan zaeni

Kutu air adalah penyakit kulit yang menyerang kaki akibat terlalu sering dalam keadaan lembab dan menyebabkan rasa gatal serta tidak nyaman. Penyakit yang sering disebut tinea pedis ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan bersifat menular. Lalu bagaimana cara mengobati kutu air secara alami untuk menyembuhkannya? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Gunakan Tea Tree Oil Sebagai Anti Inflamasi

Tea tree oil dikenal sebagai minyak yang memiliki khasiat anti inflamasi, zat aktif di dalamnya adalah terpinen-4-ol. Minyak esensial ini memang sudah dikenal dengan segudang manfaatnya salah satunya adalah bisa mengeringkan kutu air.

Caranya dengan menyiapkan air rendaman menggunakan air hangat, dan tambahkan tree tea oil beberapa tetes saja. Kemudian rendam kaki sekitar 5-15 menit dan keringkan, lakukan secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

2. Atur Kelembaban Dengan Baking Soda Untuk Mengurangi Gatal

Bagi yang pernah mengalami kutu air pasti paham bagaimana rasa gatal yang ditimbulkan oleh penyakit kulit yang satu ini. Jika rasa gatal timbul, maka penderita akan menggaruk yang menyebabkan keadaan kutu air semakin parah.

Rasa lembab menjadi penyebab utama semakin parahnya keadaan kutu air seseorang, oleh sebab itu baking soda bisa menjadi salah satu pilihan. Cara mengobati kutu air secara alami adalah menggunakan baking soda untuk menyerap kelembaban pada kaki saat menggunakan sepatu.

3. Keringkan Kutu Air Dengan Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang dihasilkan dari proses fermentasi apel. Zat aktif di dalam cuka apel memiliki fungsi untuk mengontrol keringat dan mengeringkan kutu air sehingga tidak semakin menyebar ke seluruh kaki.

Caranya sangat mudah, rendam kaki ke dalam cairan cuka apel encer selama beberapa menit saja. Kemudian keringkan jangan sampai ada yang tertinggal.

4. Pilih Bawang Putih Sebagai Anti Bakteri

Bawang putih memang memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan berbagai zat aktif didalamnya. Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi pengobatan kutu air secara alami adalah zat anti jamur dan anti bakteri di dalamnya.

Untuk menghilangkan kutu air dan mencegahnya datang lagi bisa dengan membuat campuran bawang putih yang dihaluskan dengan air. Rendam kaki dengan campuran tersebut selama 30 menit, kemudian keringkan.

5. Teh Hijau Juga Bisa Meyembuhkan Kutu Air

Menurut penelitian anti jamur sangat efektif untuk mengobati kutu air pada kaki. Oleh sebab itu teh direkomendasikan sebagai salah satu obat untuk kutu air. Teh hijau disinyalir mengandung anti jamur yang sangat sesuai untuk pengobatan kutu air.

Caranya cukup mudah masukan teh hijau ke dalam air mendidih sebanyak 5-6 kantong, diamkan hingga hangat. Lalu rendam kaki di dalamnya hanya sekitar 10-15 menit saja, kemudian keringkan kaki agar tidak lembab.

6. Rendam Dengan Air Garam

Garam disinyalir memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang tinggi, sehingga sangat baik untuk  pengobatan kutu air. Cara mengobati kutu air secara alami dengan garam sangat mudah, cukup campurkan 2 SDM garam dengan air hangat. Kemudian rendam kaki ke dalam larutan garam tersebut selama 5-10 menit, ulangi setiap hari sampai kutu air hilang.

Itulah berbagai pilihan cara mengobati kutu air secara alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Namun perlu diingat jika kutu air tidak menunjukkan perbaikan maka segera konsultasi pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan intensif.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: