Kesehatan dewasa

6 Cara Mengobati Hernia Dengan Olaha Raga yang Wajib Dilakukan

Cara Mengobati Hernia
Written by ridwan zaeni

Pada dasarnya dalam mengobati gejala hernia dokter pasti menyarankan beberapa hal tertentu dan umumnya setiap orang berbeda beda case penanganan nya. Namun ada cara yang lebih mudah dalam menangani hernia, yaitu dengan cara olahraga. Cara mengobati hernia dengan olahraga tentunya harus sesuai dengan anjuran dari pakar Kesehatan.

Hernia merupakan salah satu kondisi atau gejala dimana terdapat salah satu organ dalam tubuh yang mencuat akibat tekanan tertentu. Umumnya hernia dalam kalangan masyarakat disebut juga dengan istilah ‘turun berok’. Hernia bisa saja menjadi salah satu gejala yang dapat membahayakan tubuh jika tidak ditangani dengan segera.

1. Melakukan Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sering dilakukan oleh kaum perempuan, namun olahraga yang satu ini tentu saja dapat dilakukan juga oleh kaum laki laki. Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan gejala stress. Siapa sangka bahwa olahraga yang satu ini dapat mengatasi hernia.

Gerakan gerakan dalam yoga merupakan sebuah gerakan yang dapat memperkuat otot dan saraf. Beberapa gaya yoga juga diadaptasi untuk metode menghilkangan penyakit hernia. Sehingga bagi penderita hernia, metode olahraga yang satu ini tentu saja dapat dilakukan dengan langkah serta cara yang tepat.

2. Jalan Santai Saat Waktu Senggang

Jalan santai memang bukan olahraga yang berat. Kegiatan olahraga yang satu ini biasa dilakukan Ketika pagi hari. Tidak membutuhkan peralatan, yaitu dengan melakukan jalan  kaki seperti biasanya dengan durasi waktu setengah jam hingga satu jam. Walaupun terdengar sederhana, nyatanya olahraga yang satu ini dapat menjadi solusi bagi penderita hernia. Karena dengan melakukan olahraga yang satu ini, maka otot otot bagian bawah akan terlatih dengan sempurna.

3. Berenang

Sebagai salah satu olahraga yang digemari, berenang juga dapat menghilangkan gejala hernia. Dengan berenang maka posisi tubuh akan tertahan dengan massa air yang nantinya akan membantu menahan buah zakar pada lelaki serta menguatkan otot bagian Rahim pada wanita.

Kegiatan berenang juga bisa menjadi langkah preventif dalam menjalankan sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh sebab itu maka peredaran darah dalam tubuh akan berjalan secara lancar tanpa hambatan. Berenang dengan waktu tertentu secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sebagai langkah pola hidup sehat dan teratur.

4. Melaksanakan Senam Aerobik

Olahraga senam aerobic tergolong dalam kategori olahraga dalam intensitas sedang. Kegiatan olahraga yang satu ini dapat dijalankan dalam intensitas waktu yang teratur dan tidak terlalu lama. Gerakan gerakan dalam senam yang dinamis serta aktif tentunya akan membantu mengencangkan otot otot tubuh khususnya bagian bawah tubuh.

Melakukan gerakan-gerakan dalam senam juga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat. Gerakan senam aerobic juga bisa diatur kapasitasnya sehingga tidak akan memakan banyak energi tubuh. Fungsi utama dalam gerakan ini adalah tentu saja melatih otot dalam untuk tetap kencang dan terlatih.

5. Legs Up

Gerakan olahraga yang satu ini adalah gerakan olahraga yang memungkinkan kaki diangkat dalam waktu tertentu secara berulang kali. Tujuan dari gerakan olahraga yang satu ini adalah sebagai langkah untuk menguatkan otot otot bagian bawah tubuh.Dengan melakukan gerakan gerakan ini tentu saja akan menjadikan otot otot bagian bawah semakin kencang dan terhindar dari gejala hernia.

Gerakan yang satu ini dapat dilakukan sebelum dan setelah bangun tidur. Untuk itu gerakan yang satu dapat dijadikan olahraga ringan sebelum dan sesudah bangun tidur khususnya.

Begitu banyak cara serta langkah yang dapat dilakukan dalam mencegah hernia. Cara mengobati hernia dengan olahraga bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang wajib dilakukan.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: