Diet

5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal
Written by ridwan zaeni

Hitungan dasar untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal atau dikenal dengan istilan BMI Index

Mengetahui Indeks Massa Tubuh merupakan cara menghitung berat badan ideal seseorang dengan mudah. Tidak perlu ribet karena BMI atau IMT memiliki kalkulator khusus untuk menghitung berat badan ideal seseorang dengan perhitungan akurat. Kalkulator ini tersedia di website-website dan bisa dicoba secara langsung dengan memasukkan tinggi dan berat badan.

1. Perhitungan manual

Untuk perhitungan manualnya, misal seseorang dengan berat 60 kg dan tinggi 150 cm maka akan dikalikan dalam kuadrat menjadi 1,50×1,50 = 2,25. Selanjutnya berat badan dibagi hasil kuadrat tinggi badan, 60/2,25 = 26,66. Dari hasil yang diperoleh, cocokkan dengan kategori BMI yakni:

  • Kurus: <18,5
  • Ideal: 18,5 – 24,9
  •  Gemuk: 25 – 29,9
  • Obesitas: >30

2. Rumus Broca

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca ini populer sejak tahun 1871 yang diciptakan oleh Dr. Pierre Paul Broca. Rumus ini membedakan perhitungan berat badan antara pria dengan wanita dengan cara yang cukup mudah. Berikut ini cara perhitungan berat badan menggunakan rumus Broca oleh Dr. Pierre.

  • Wanita: (Tinggi – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))
  • Laki-laki: (Berat badan – 100) – (10% x (Berat badan – 100))

3. Anak (0 – 1 Tahun)

Selain orang dewasa, anak-anak juga perlu melakukan perhitungan berat badan ideal agar kondisi anak tetap sehat. Bahkan pada anak-anak bisa mengalami kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan yang tidak wajar untuk seusianya. Untuk itu, Ibu perlu mengawasi tumbuh kembang anak bahkan di usia anak-anak, jangan sampai ada masalah berat badan.

Perhitungannya dapat dilakukan dengan mengalikan umur anak yang dihitung dalam satuan bulan lalu dibagi 2, kemudian ditambah 4. Misalnya, seorang anak yang berusia 10 bulan, maka perhitungannya adalah: (10:2) + 4 = 9 kilogram. Jadi untuk anak usia 10 bulan, berat badan yang paling ideal untuknya adalah 9 kilogram.

4. Anak (1 – 10 Tahun)

Ketika seorang anak sudah berusia 1 tahun, maka rumus untuk menghitung berat badan juga berbeda dengan anak usia 0-12 bulan. Anak pada usia 1-10 tahun juga perlu mendapatkan perhatian khusus agar pertumbuhan mereka tetap berjalan dengan baik. Anak usia 1 hingga 10 tahun lebih aktif sehingga berat badannya perlu diperhatikan.

Untuk perhitungan berat badan anak usia 1 hingga 10 tahun dilakukan dengan mengalikan usia (tahun) dengan 2, lalu ditambah 8. Pada contoh kasusnya,  misal anak usia 5 tahun maka perhitungannya: (2×5) + 8 = 18 kilogram. Jadi berat badan ideal untuk anak usia 5 tahun adalah 18 kilogram.

5. Ibu Hamil

Cara menghitung berat badan ideal untuk ibu hamil tentu saja berbeda dengan perhitungan berat badan ideal sebelum hamil. Kehamilan mempengaruhi hormon tubuh sehingga tubuh wanita lebih mudah gemuk namun ada juga yang cenderung kurus. Normalnya, perhitungan berat badan ideal ibu hamil memperhatikan usia kandungan sang ibu untuk mengetahui berat normalnya.

Secara umum perhitungannya adalah BB ideal + (usia kandungan (minggu) x 0,35). Untuk contoh kasusnya, misal Ibu mengandung selama 14 minggu dan berat badan idealnya adalah 53 kg berdasarkan rumus Broca.  Maka perhitungannya adalah 53 + (14×0,35) = 57,9 kilogram.

Cara cepat menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Langkah terakhir untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal, adalah dengan menggunakan Kalkulator BMI yang sudah disesuaikan dengan standar WHO. Sehingga kita bisa mengetahui posisi berat badan kita apakah sudah ideal atau belum.

Kalkulator BMI bisa dilihat pada link dibawah

Kalkulator BMI, menghitung berat badan ideal

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment