Tips Hidup Sehat

Penting! Yuk Pahami Tips Serta Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan dengan Bahan Alami Tanpa Ribet!

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan
Written by ridwan zaeni

Selain wajah berminyak, kering atau mengalami peradangan dan keriput masalah lain yang bisa terjadi pada wajah adalah masalah jerawat bruntusan. Seringkali seseorang yang terkena masalah jerawat bruntusan akan mengalami penurunan percaya diri apalagi soal penampilan. Oleh sebab itu menjadi perlu sekali memahami cara menghilangkan jerawat bruntusan secara alami dan aman.

Nah dalam uraian artikel ini akan dikupas tuntas mengenai tahapan, tips dan uraian singkat mengapa jerawat bruntusan bisa hadir. Meski masalah kulit yang satu ini tergolong ringan dan tidak membahayakan secara medis, namun tetap perlu lho menjadi perhatian. Yuk tanpa berlama-lama lagi mari simak uraian mengenai cara menghilangkan jerawat bruntusan agar tidak kembali lagi ke wajah!

Apa Itu Jerawat Bruntusan?

Sebelum membahas jauh mengenai cara menghilangkan jerawat tipe bruntusan maka menjadi lebih lengkap untuk memahami pengertiannya. Jadi dalam dunia kedokteran, jerawat bruntusan disebut juga sebagai closed comedones yang mana memiliki visual rapat dibanding jerawat biasa. Jerawat bruntusan sendiri memiliki bentuk yang jauh lebih kecil, permukaan kecil mirip biang keringat dan warnanya bisa senada warna kulit.

Mengapa Wajah Bisa Mengalami Jerawat Bruntusan?

Lantas sebenarnya mengapa dan bagaimana sih jerawat bruntusan itu bisa muncul di wajah? Jerawat ini bisa muncul karena kadar minyak berlebih. Kadar minyak berlebih yang menumpuk ini bisa merangsang bakteri berkembang baik di wajah dan menghasilkan tipe jerawat rapat seperti ini. Selain itu penumpukan kotoran pada kulit wajah juga sel-sel kulit mati yang tidak terangkat juga bisa merangsang munculnya jerawat bruntusan.

Cara dan Tips Menghilangkan Jerawat Bruntusan

Jika sudah mengalami jerawat bruntusan tentu saja rasa percaya diri dan nyaman bisa menjadi mengalami penurunan, apalagi jika disertai gatal. Oleh sebab itu mari simak uraian berikut mengenai cara penanggulangannya yang baik dan tepat, yuk simak bersama!

1. Gunakan Masker atau Kompres dengan Madu

Cara menghilangkan jerawat bruntusan yang pertama dengan bahan alami serta aman adalah menggunakan madu murni. Madu ini sendiri nantinya bisa dijadikan sebagai masker alami yang mampu menutrisi, membersihkan dan meregenerasi sel kulit wajah yang buruk. Aplikasinya mudah yaitu bersihkan wajah dengan air hangat, oleskan madu murni dan diamkan selama 30 menit, bilas kembali.

2. Konsumsi Teh Hijau Sebagai Ramuan Penghilang Jerawat Bruntusan

Selain menggunakan bahan alami dari alam yaitu madu, tentu saja cara lainnya untuk menghalau jerawat bruntusan bisa menggunakan teh hijau. Ya, benar sekali selain baik untuk kesehatan juga menyegarkan untuk diseduh sebagai minuman ternyata senyawa antioksidannya baik  menghalau jerawat bruntusan. Beda halnya dengan madu yang diaplikasikan pada area luar, maka teh hijau ini sendiri bisa diseduh dan menghilangkan jerawat dari dalam.

3. Gunakan Buah Tomat Segar Sebagai Masker

Cara selanjutnya untuk menghalau jerawat bruntusan pada wajah adalah dengan mengaplikasikan buah tomat sebagai masker. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, ambil dan cuci buah tomat segar kemudian hancurkan dengan blender. Hasil halus dari tomat itu kemudian dijadikan masker pada area bruntusan dan diamkan hingga mengering kemudian bilas.

4. Kompres dengan Es Batu

Selain menyegarkan dan bisa dicampur pada minuman ternyata es batu bisa menghalau jerawat bruntusan. Hawa dingin yang dihasilkan es batu diyakini bisa merelaksasi kulit dan mengempeskan jerawat. Gunakan es batu dengan bahan air matang pada area berjerawat sebagai masker, kompres setidaknya 15 menit dan lakukan pengulangan rutin.

5. Gunakan Masker Lemon

Cara menghilangkan jerawat bruntusan lainnya adalah dengan lemon. Buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan ini bisa merangsang regenerasi kulit. Potong buah lemon, peras sarinya dan jadikan masker wajah.

Bagaimana? Kini sudah paham bukan mengenai apa itu jerawat bruntusan, alasan bisa muncul di wajah sekaligus cara penanganannya. Ternyata cara menghilangkan jerawat bruntusan itu tidak terlalu repot, memakan waktu juga biaya karena bisa memanfaatkan bahan alami. Nah, point penting lainnya yang perlu diperhatikan agar wajah tak diserang jerawat lagi adalah harus rajin mencuci wajah!

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment