Kesehatan Kesehatan dewasa Tak Berkategori

Cara Menghilangkan Alergi Gatal Di Wajah Yang Mudah Dilakukan

Cara Menghilangkan Alergi Gatal Di Wajah
Written by ridwan zaeni

Penggunaan kosmetik yang terlalu sering pada wanita, bahkan hingga mencoba ganti kosmetik bisa menyebabkan alergi. Maka dibutuhkan cara menghilangkan alergi gatal di wajah agar wajah dalam kondisi lebih baik. Biasanya pengaruh alergi ini memang menimbulkan efek yang tidak diinginkan, mulai dari wajah yang begitu gatal, ruam bahkan radang. Inilah hal yang perlu diperhatikan agar alergi gatal bisa hilang seketika dan tidak mengganggu lagi.

1.Manfaatkan Bahan Alami

Kenapa harus memilih bahan alami? Karena efek samping dari bahan alami hampir tidak ada. Bahkan dianggap lebih terjangkau serta mudah didapatkan, misalnya saja mentimun, minyak zaitun, lidah buaya dan sebagainya. Bahan alami juga bisa dipadukan sehingga menjadi cara menghilangkan alergi gatal di wajah secara lebih baik.

Penggunaan bahan alami, seperti mentimun misalnya, bisa digunakan sebagai masker dan dioleskan ke wajah yang gatal. Atau minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin E sebagai penyembuh dan regenerasi kulit. Selanjutnya ada lidah buaya yang memberikan efek dingin saat digunakan sebagai masker, sehingga mampu mengurangi gatal di wajah.

2.Kompres Air Dingin

Penggunaan kompres air dingin sebagai cara mengatasi alergi gatal di wajah merupakan hal yang mudah dilakukan. Tinggal menyediakan air dingin dan kain. kemudian tempelkan kain yang sudah dingin ke wajah dan rasakan sensasinya. Tunggulah beberapa saat akan kulit pada wajah lebih rileks dan tidak merasa gatal lagi.

Air dingin ini mampu mengurangi iritasi serta menyejukkan wajah yang sedang gatal. Sehingga wajah akan terasa lebih nyaman dan iritasi pada wajah pun berkurang. Jika kain untuk kompres sudah tidak dingin, maka ulangi langkah dengan di rendam air dingin atau gunakan es batu. Sehingga wajah yang gatal mendapatkan relaksasi lebih lama dan gatal pada area wajah menjadi berkurang.

3.Gunakan Pelembab

Cara mengatasi alergi gatal di wajah dengan menggunakan pelembab yang dioleskan merata. Saat memakai pelembab perhatikan pelembab tersebut apakah sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Karena jika tidak sesuai maka akan semakin menambah parah alergi gatal yang terjadi di wajah. Kegunaan pelembab selain melembutkan juga untuk menetralisir rasa gatal yang ditimbulkan pada wajah.

Selain itu, pelembab juga mengandung bahan alami yang dipercaya sebagai antioksidan. Sehingga kulit wajah akan reda dari alergi gatal yang terjadi. Karena pelembab membentuk jaringan kulit seperti terlindung dari gangguan luar yang memperparah gatal atau alergi yang ditimbulkan.

4.Konsumsi Antihistamin

Biasanya gatal yang ditimbulkan pada wajah karena alergi atau pemakaian kosmetik semakin parah. Sehingga wajah semakin terkena dampak dan terjadi iritasi kulit. Maka sudah seharusnya mengkonsumsi antihistamin agar langsung bereaksi mengurangi gatal, ruam hingga radang.

Tidak hanya itu saja, zat antihistamin juga bisa mencegah hidung tersumbat, mata berair serta kesulitan dalam bernafas. Biasanya bentuk dari antihistamin ini berupa cream, tablet, obat semprot, dsb. Dan zat ini juga bisa dengan mudah didapatkan sehingga saat terjadi alergi gatal bisa langsung teratasi dengan cepat.

5.Rajin Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

Area wajah merupakan tempat yang sensitif untuk disentuh atau terkontaminasi dengan pengaruh luar. Seperti debu, kotoran hingga kosmetik yang bisa menimbulkan alergi. Jika tidak mencuci tangan dan tangan menyentuh area wajah maka akan timbul parah pada alergi gatal yang terjadi.

Cara mengatasi alergi gatal di wajah yaitu dengan menjaga tangan tetap bersih. Yaitu mencuci tangan sesering mungkin sebelum menyentuh wajah.

Cara menghilangkan alergi gatal di wajah memang harus dilakukan jika wajah sudah menunjukkan tanda tidak nyaman. Karena wajah merupakan bagian vital memvisualisasikan penampilan seseorang. Jika wajah terlihat kurang sempurna maka akan menurunkan rasa percaya diri. Sehingga seseorang dengan alergi gatal akan merasa tidak nyaman dan bahkan merasa kesal hingga gatal mereda.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: