Kesehatan dewasa

Penyebab, Faktor Resiko dan Cara Mencegah Penyakit Leukimia

cara mencegah penyakit leukimia
Written by ridwan zaeni

Kanker darah merupakan salah satu penyakit yang dianggap paling menakutkan karena termasuk salah satu penyakit yang mematikan. Perlu diketahui ada 3 jenis kanker darah yaitu leukimia, limfoma dan myeloma. Leukimia adalah kanker darah yang paling sering ditemukan, untuk itu sangat penting mengetahui cara mencegah penyakit leukimia ini.

Penyebab dan Faktor Resiko Leukimia

Leukimia adalah keadaan yang disebabkan oleh kelainan limfosit (sel darah putih) di dalam tubuh yang sudah tidak bisa dikendalikan. Pada keadaan normal sel ini berfungsi untuk imunitas namun justru merusak pada keadaan leukimia.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker darah jenis leukimia ini, namun memang ada faktor yang bisa meningkatkan resiko leukimia. Berikut ini adalah faktor resiko yang dimaksud:

  •         Ada riwayat keluarga yang menderita kanker darah (leukimia)
  •         Memiliki kelainan genetic sperti Down Syndrome atau lainnya
  •         Menderita kelainan pada sel darah seperti sindrom mielodisplasia
  •         Kebiasaan merokok aktif
  •         Pernah menjalani pengobatan yang menggunakan radioterapi atau kemoterapi
  •         Sering terpapar zat berbahaya

Demikianlah faktor-faktor resiko yang bisa menjadi penyebab peningkatan kemungkinan menderita leukimia. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit leukimia, simak ulasan di bawah ini.

Cara Mencegah Penyakit Leukimia

Siapa pun pasti takut dengan penyakit kanker, terutama kanker darah jenis leukimia. Untuk itu penting mengetahui cara mencegah penyakit leukimia agar tidak terjangkiti penyakit mematikan dan tidak ada obatnya ini. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah leukimia agar tidak terjadi:

1. Menghindari Kebiasaan Merokok

Sudah diketahui bahwa merokok bisa menyebabkan banyak kerugian bagi yang melakukannya. Hal ini disebabkan banyak kandungan berbahaya pada asap rokok yang dapat menyebabkan berbagai gangguan penyakit, termasuk kanker darah leukimia.

Salah satu zat berbahaya pada rokok yang bisa menyebabkan kanker darah adalah benzena. Jadi untuk mencegah terjadinya leukimia bisa dengan menjauhi asap rokok dengan menghindari kebiasaan merokok.

2. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Salah satu penyebab kanker adalah radikal bebas baik dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Untuk melawannya bisa dengan melakukan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat bisa dimulai dari konsumsi makanan sehat dengan pengolahan yang benar sehingga tinggi antioksidan.

Selain makanan dengan antioksidan tinggi, juga bisa melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan melakukan pola hidup sehat maka badan akan terhindar dari segala macam penyakit termasuk leukimia.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Tubuh yang memiliki berat badan ideal akan memiliki kesehatan maksimal terhindar dari segala macam penyakit. Berbeda dengan tubuh yang obesitas, dengan kadar lemak yang tinggi di dalam tubuhnya yang juga menghasilkan radikal bebas tinggi di dalam tubuh. Ini bisa menjadi penyebab kanker pada sel darah merah.

4. Melindungi Diri Dari Paparan Bahan Kimia

Memang belum diketahui apa penyebab pasti dari leukimia, namun disinyalir bahan kimia berbahaya bisa meningkatkan resiko terkena leukimia. Untuk itu hindari paparan bahan kimia terutama bagi yang bekerja di laboratorium yang bersinggungan terus dengan bahan kimia. Gunakan APD agar tidak terpapar bahan kimia.

5. Melindungi Diri Dari Radiasi X-Ray

Selain bahan kimia, radiasi sinar X juga bisa menjadi faktor resiko leukimia bagi seseorang. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari radiasi X-ray, CT Scan atau alat sejenisnya. Bagi yang bekerja mengoperasikan alat-alat tersebut, akan lebih aman menggunakan APD agar terhindar dari radiasi berbahaya.

Itulah sedikit ulasan tentang leukimia mulai dari penyebab, faktor resiko dan cara mencegah penyakit leukimia ini. Meskipun hingga saat ini belum diketahui penyebab dan pengobatannya secara pasti, namun penderita harus tetap semangat. Bagi yang masih diberi kesehatan haruslah menjaga dan mencegah agar leukimia tidak menghampiri.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment