Kesehatan dewasa

Cara Menanggulangi Anemia Yang Mudah Dilakukan

Cara Menanggulangi Anemia
Written by ridwan zaeni

Anemia merupakan penyakit yang sangat banyak diderita oleh ibu dan anak pada negara berkembang. Dimana kondisi tubuh seseorang begitu sangat kekurangan sel darah merah atau disebut juga dengan hemoglobin. Sementara itu, fungsi dari hemoglobin sendiri sangat vital dalam mengantarkan aliran oksigen ke seluruh darah. Untuk menguranginya maka cara menanggulangi anemia adalah sebagai berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

Bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi bahkan vitamin C, B12 serta asam folat. Karena pentingnya kandungan tersebut bagi tubuh agar tubuh bisa mencegah anemia maka anemia bisa dihindari sedini mungkin.

Sejak anak-anak biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan tersebut agar terhindar dari anemia. Makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin dan dianjurkan agar terhindar dari anemia sangat banyak ragamnya. Seperti, daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, pisang, sereal, melon, buah beri, jeruk dan sebagainya.

2. Hindari Konsumsi Minuman Selain Air Putih

Ada beberapa minuman yang bisa mengganggu penyerapan zat besi pada tubuh yaitu kopi, teh atau susu. Sebagainya jika setelah makan atau akan makan hindari untuk tidak mengkonsumsi minuman tersebut sehingga penyerapan zat besi bisa menjadi lebih baik.

Sebaiknya minuman pendamping saat makan atau setelah makan adalah air putih. Karena air putih sangat baik dikonsumsi untuk tubuh, selain menyehatkan juga air putih mengandung banyak elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Sebaiknya lakukan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dan membantu proses penyerapan zat dalam tubuh dengan lebih baik.

3. Lakukan Transfusi Darah

Jika sudah menderita anemia dengan HB di bawah 7 maka cara menanggulanginya yaitu dengan melakukan transfusi darah pada tubuh. Hal ini penting dilakukan untuk segera menggantikan sel darah merah yang sudah sedikit bahkan habis. Dan transfusi hemoglobin dilakukan untuk mengembalikan kondisi sel darah merah yang normal serta melakukan fungsinya dengan baik.

Melakukan transfusi darah apalagi bagi penderita anemia harus dilakukan di rumah sakit dan menghubungi tenaga medis. Dokter akan menangani secara langsung agar transfusi darah untuk hemoglobin bisa normal kembali. Dan setelah HB normal, sebaiknya penderita anemia memperhatikan kondisinya agar tidak sakit.

4. Konsumsi Suplemen

Untuk menjaga kestabilan tubuh maka bisa dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi serta folat yang tinggi. Karena dalam suplemen juga sudah dilengkapi vitamin dan zat lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pencegahan anemia.

Namun, jangan sampai ketergantungan pada suplemen yang dikonsumsi, melakukan konsumsi secara wajar. Karena kandungan zat pada suplemen begitu besar maka harus diimbangi dengan konsumsi air putih agar tidak memberatkan ginjal. Jika anemia sudah berkurang maka lebih baik lakukan pola hidup yang sehat dengan mengurangi konsumsi suplemen.

5. Olahraga Teratur

Cara menanggulangi anemia juga bisa dengan melakukan olahraga teratur serta mengatur pola hidup yang lebih baik. Jika olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Seperti yoga saat pagi hari, lari kecil, senam dan sebagainya. Sehingga bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen yang baik untuk tubuh.

Selain itu, olahraga juga bisa memberikan efek sehat bagi tubuh sehingga bisa menghindari anemia, dan bagi penderita bisa merasa lebih normal. Serta olahraga juga bisa menjaga kondisi fisik lebih sehat dan otot lebih kuat.

Dengan memperhatikan cara menanggulangi anemia maka bisa dicegah dan dihindari sehingga tidak menyebabkan tingkat gejala yang parah. Jika memang anemia yang diderita sudah tidak bisa dikontrol maka sebaiknya segera mendapat pertolongan medis. Sehingga mendapatkan penanganan segera mungkin dan membuat kondisi tubuh segera stabil kembali.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment