Diet

Cara Diet Keto Untuk Pemula Yang Mudah Dilakukan

Diet Keto Untuk Pemula
Written by ridwan zaeni

Saat ini diet menjadi tren yang dilakukan banyak orang dan salah satunya adalah mengetahui cara diet keto untuk pemula. Bahkan sangat populer dan lebih dipilih oleh orang-orang karena anggapan orang diet ini lebih cepat menurunkan berat badan.

Bagi para pemula, maka melakukan diet keto harus memperhatikan beberapa hal penting. Agar diet keto yang sedang dijalani bisa terprogram dengan lancar tanpa kendala.

Apa Itu Diet Keto?

Pada dasarnya diet keto merupakan diet yang mengurangi asupan karbohidrat pada saat mengkonsumsi makanan. Dan menggantinya dengan konsumsi lemak sebagai bahan bakar untuk tubuh. Sebenarnya diet keto ini dilakukan oleh anak-anak yang menderita epilepsi sehingga diet keto mampu mengurangi kejang yang terjadi. Bahkan diet keto juga bisa mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Namun, akhir-akhir ini diet keto menjadi tren dilakukan oleh orang-orang sebagai diet yang dianggap lebih efisien. Apalagi bagi pemula, cara diet keto untuk pemula dianggap lebih mudah dilakukan. Metode diet keto merupakan diet berupa low carb high fat atau disebut LCHF. Yaitu dengan menggunakan bahan bakar berupa glukosa atau gula dan keton atau lemak pada diet keto.

Kenapa lemak? Karena penelitian terbaru memberikan informasi bahwa kandungan lemak juga dibutuhkan tubuh dan sifatnya baik. Sehingga bagi pemula, diet keto dilakukan dengan melakukan batasan konsumsi karbohidrat serta beralih ke lemak untuk mendapatkan kalori tubuh.

Komposisi sekitar 70 hingga 75 persen bersumber dari lemak, 20 persen untuk protein dan karbohidrat sekitar 5 persen dalam diet keto. Setelah mengetahui seperti apa diet keto, maka bisa memperhatikan bagaimana cara diet keto yang perlu dipahami dan dilaksanakan.

Cara Diet Keto Untuk Pemula

Untuk pemula dalam melakukan diet keto harus memperhatikan hal berikut ini. Hal ini merupakan suatu cara agar diet keto bisa dilakukan dengan baik dan mudah tanpa kendala.

1.Lakukan Secara Disiplin

Apapun hal yang akan dilakukan, terutama diet harus mengutamakan kedisiplinan. Apalagi jika menjalani diet keto, maka segala bentuk yang ada hubungannya dengan karbohidrat serta gula harus dijauhi. Seperti nasi, tepung, kentang bahkan mie merupakan sumber karbohidrat yang tidak boleh dikonsumsi dalam diet keto.

2.Bersiap Hadapi Flu Keto

Dalam melakukan diet keto biasanya selama 7 hingga 10 hari akan terasa lebih lemas bahkan sakit kepala dan hilang semangat. Kondisi yang dialami saat diet keto ini sangat wajar karena tubuh sedang melakukan penyesuaian karena asupan karbohidrat hilang. Yang kemudian diganti mengkonsumsi lemak sebagai sumber energi dalam transisi pembakaran energi tubuh.

3.Asupan Mineral dan Cairan Tubuh Harus Dijaga

Yang terpenting cara diet keto untuk pemula yaitu tentang mineral serta cairan yang dikonsumsi. Karena mineral dan cairan ini berperan penting sebagai penjaga elektrolit dalam tubuh. Pada saat diet keto, ginjal akan lebih banyak mengeluarkan elektrolit serta cairan. Sehingga pastikan konsumsi air putih yang banyak serta asupan sodium dengan potasium harus cukup.

4.Perhatikan Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan juga sangat penting diperhatikan saat akan memulai diet keto bagi para pemula. Untuk yang menderita darah tinggi, makan makanan mengandung lemak yang dikonsumsi dalam diet keto akan mengganggu tubuh. Atau masalah lain seperti diabetes, kolesterol tinggi, kandungan empedu dan sebagainya. Sehingga perlu konsultasi kepada dokter sebelum melakukan diet keto.

5.Membuat Daftar Menu Makanan

Pentingnya daftar menu makanan yang harus dirancang merupakan panduan bagi para pemula agar terpola saat makan. Biasanya daftar makanan ini dibagi untuk pagi, siang dan malam yang memasukkan menu mengandung lemak. Seperti ikan salmon, tuna, telur, daging, sayuran dan sebagainya. Dan hindari konsumsi karbohidrat seperti nasi, pasta, sereal, lemak, dan umbi-umbian.

Itulah beberapa cara diet keto untuk pemula, setelah memahami hal tersebut maka bisa melakukan diet dengan mudah. Sebenarnya diet juga dianggap baik bagi kesehatan tubuh karena dengan tubuh ideal dan konsumsi yang dibatasi.

Maka akan berpengaruh pula pada kesehatan serta kualitas tubuh yang lebih prima sehingga mampu mengontrol kondisi tubuh. Seperti konsumsi glukosa, karbohidrat, lemak dan sebagainya, pada diet yang sedang dilakukan.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment