Tips Hidup Sehat

Cara Diet Alami, Dapatkan Tubuh Sehat dan Ideal Tanpa Resiko

Cara diet alami
Written by ridwan zaeni

Tubuh yang ideal dan sehat memang menjadi dambaan setiap orang, baik kaum adam maupun kaum hawa. Bagaimanapun tampilan luar memang menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi sumber kepercayaan diri bagi seseorang. Untuk mendapatkan tubuh ideal, banyak orang yang rela melakukan diet ekstrem. Namun yang paling tepat adalah dengan cara diet alami.

Bagaimana Diet yang Sehat dan Alami?

Menurunkan berat badan dengan melakukan diet memang salah satu jalan yang sangat menjanjikan untuk memperoleh berat badan ideal. Namun, cara diet alami adalah cara yang paling tepat dilakukan karena diet ekstrem member dampak yang buruk pada tubuh. Barikut cara diet yang sehat dan alami yang bisa dicoba untuk mendapatkan badan ideal.

1. Mengatur Jadwal Makan

Cara pertama adalah dengan mengatur kapan seseorang diperbolehkan makan dan kapan harus menahan diri. Jika pada hari-hari biasanya waktu makan masih berantakan dan cenderung terlalu sering maka sekarang mulailah mengatur jadwal. Tidak perlu terlalu signifikan mengurangi jadwal makan karena hal tersebut bisa membahayakan tubuh.

Mengatur jadwal makan adalah bagaiaman seseorang bisa menentukan kapan waktu makan pada jam-jam tertentu. Buat jadwal jam makan sarapan, makan siang, dan makan malam dan jalani secara konsisten. Ini juga dapat membentuk pola hidup sehat ketika waktu makan teroganisir dengan baik.

2. Mengontrol Porsi Makan

Selain mengatur jadwal makan, mereka yang sedang dalam program diet juga perlu mengatur porsi makannya. Jika biasanya mereka masih makan dalam porsi besar, cobalah untuk mengurangi porsi sedikit demi sedikit. Awalnya akan terasa sangat sulit dan memebebani, namun jika dilakukan terus menerus maka akan menjadi sebuah kebiasaan dan memperlancar program diet.

Perlu diketahui, nafsu makan yang berlebih itu hanyalah dorongan dari kebiasaan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Hal yang paling penting dari makan adalah gizinya, bukan porsi yang melimpah. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil bukannya tidak membuat seseorang kenyang, namun kebiasaannya yang mengonsumsi makanan berlebih membuatnya merasa porsi tersebut kurang.

3. Selektif Memilih Makanan

Selanjutnya cara diet alami yang harus dilakukan adalah, memilih makanan yang sehat untuk tubuh sekaligus membantu program diet. Kebanyakan makanan yang tidak sehat memang terasa nikmat, namun seseorang juga perlu mempertimbangkan gizinya.  Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih, terlalu manis, makanan berminyak dan sejenisnya. 

Meskipun jawal makan sudah tertata dengan rapi, porsi makan terkontrol namun masih memakan makanan yang tidak sehat tetap saja percuma. Sebisa mungkin hindari makanan-makan yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang baik.

4. Mengurangi Konsumsi Garam

Salah satu penyebab berat badan mudah naik adalah kebiasaan mengonsumsi zat sodium yang berlebih. Zat sodium ini terdapat dalam garam dapur yang biasa dikonsumsi sehari-hari yang bisa menghambat metabolisme tubuh. Kurangi mengonsumsi sodium dalam makanan sehari-hari.

5. Pastikan Tubuh Terhidrasi 

Menjalani diet berarti kandungan air dalam tubuh akan berkurang secara perlahan dan menimbulkan beberapa masalah. Untuk itu, konsumsi air putih kurang lebih 2 liter per hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengna baik. Air dapat memperlancar metabolisme tubuh selama menjalani diet.

6. Olahraga

Cara diet alami tentu tidak bisa dilepaskan dari aktivitas olahraga yang memiliki peranan dalam program diet yang dijalani. Olahraga bisa membantu pembakaran kalori tubuh dan membentuk tubuh setelah tubuh kehilangan berat. Lakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit sehari.

Itulah beberapa cara diet alami yang bisa dicoba untuk mendapatkan tubuh ideal yang sehat. Tubuh ideal yang diperoleh dengan cara tidak sehat hustru dapat menimbulkan masalah pada tubuh. Untuk itu mulailah melakukan diet secara alami dan hindari pola hidup yang tidak sehat.

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment