Kesehatan dewasa

Hati-hati Akan Bahaya Gula Darah Tinggi, Menyebabkan Berbagai Penyakit Serius!

Bahaya Gula Darah Tinggi
Written by ridwan zaeni

Adakah yang sudah familiar dengan fungsi adanya gula darah dalam tubuh manusia? Atau adakah yang sudah mengetahui bahayanya. Meski menjadi salah satu zat yang berfungsi menjaga kinerja tubuh manusia, gula darah juga memiliki bahayanya sendiri jika melonjak di atas batas. Kira-kira apa saja bahaya gula darah tinggi, apakah resiko penyakit yang bisa ditimbulkan karenanya? Mari simak uraian berikut!

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Gula Darah

Dalam setiap tubuh manusia tentu saja didalamnya ada kandungan gula darah yang mana bekerja untuk menyeimbangkan performa tubuh. Gula darah ini sendiri ini kadarnya bisa naik dan turun sesuai dengan aktifitas juga pola makan yang dilakukan antar manusianya sendiri. Gula darah juga dalam ilmu kedokteran diartikan sebagai glukosa dalam tubuh.

Glukosa atau gula darah dalam tubuh ini sendiri bekerja untuk memompa energi setiap sel yang ada pada tubuh manusia. Dimana sel yang mendapat suntikan energi dari gula darah yang tepat tentu akan bisa bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan tanpa gula darah manusia pun akan mengalami lemas, namun jika berlebih bisa membahayakan.

Berbagai Penyakit dan Bahaya yang Ditimbulkan Jika Gula Darah Berlebihan

Setelah mengenal lebih dalam secara ringkas mengenai gula darah dalam sistem kerja tubuh manusia. Maka berikut ini akan dijabarkan mengenai beberapa penyakit berbahaya jika gula darah dalam tubuh naik tanpa kontrol.

1. Penyakit Jantung

Bahaya gula darah tinggi yang pertama adalah menghasilkan adanya penyakit jantung atau gagalnya kinerja jantung. Meski untuk penyakit jantung ini sendiri tidak langsung terjadi dalam sekejap ketika gula darah seseorang naik, namun kerjanya berkala. Sebenarnya awalnya gula darah akan membuat kerja hati menjadi lebih keras kemudian lemak akan menumpuk berlebih dan mempengaruhi kinerja jantung.

2. Mengalami Obesitas atau Berat Badan Naik Berlebih!

Penyakit berbahaya akibat gula darah selanjutnya tentu saja adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Tentu saja gula darah ini dihasilkan dari glukosa yang masuk dari makanan seperti junk food, makanan berlemak, berminyak, cake dan sebagainya. Makan berbagai jenis makanan tentu saja menjadi hak pribadi namun jika dilakukan secara berlebihan sekali waktu maka ini berbahaya!

3. Kerusakan Melamine Gigi

Penyakit ketiga yang dihasilkan dari bahaya gula darah berlebih adalah kerusakan milamine gigi. Dimana jika terlalu sering mengkonsumsi manis maka itu akan meninggalkan plak gigi dan mempengaruhi asam pada mulut. Dimana asam yang terkumpul berlebih akan merusak melamine gigi, membuatnya keropos, berlubang dan menghancurkan email gigi.

4. Hilangnya Daya Ingat atau Penyakit Alzheimer

Penyakit berbahaya dan mengerikan yang bisa dihasilkan oleh kadar gula darah yang tinggi dan terus naik adalah Alzheimer. Dimana untuk penyakit ini sendiri merongrong dan merusak sel otak serta mengakibatkan kemampuan berpikir serta daya ingatnya menjadi rendah. Glukosa berlebih mengakibatkan enzim ke otak terkontaminasi dan ini yang menurut para ahli merangsang penyakit Alzheimer.

5. Jelas Mengalami Diabetes

Bahaya lainnya yang ditimbulkan dari gula darah tinggi tentu saja adalah penyakit diabetes. Gula darah berlebih ini mempengaruhi tubuh memproduksi hormon insulin, dimana hormon ini berfungsi merangsang energi tubuh. Jadi tentu mengkhawatirkan bukan jika tubuh kekurangan insulin? Tentu aktifitas terganggu.

Cara Mudah Mengatasi Gula Darah Tinggi!

Jika ternyata sudah mengalami gula darah tinggi maka jangan khawatir karena tentu saja masih ada kesempatan untuk memperbaiki kesehatan. Adapun caranya adalah seperti memperbaiki kualitas makanan yang masuk ke tubuh, seperti harus kaya akan serat dan vitamin. Selain itu imbangi  dengan olahraga, diet gula, batasi karbohidrat dan kemudian tambah konsumsi ikan.

Nah, pola hidup sehat, rajin berolahraga dan mengontrol kesehatan secara berkala tentu saja bisa meminimalisir manusia dari berbagai penyakit. Salah satunya adalah menanggulangi diri dari bahaya gula darah tinggi yang berpotensi mengakibatkan komplikasi penyakit serius. Setelah memahami uraian artikel diatas diharapkan kesadaran hidup sehat bisa semakin ditingkatkan demi kualitas hidup yang baik!

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment