Diet

5 makanan dan cemilan untuk menurunkan berat badan

5 makanan dan cemilan untuk menurunkan berat badan
Written by ridwan zaeni

5 makanan dan cemilan untuk menurunkan berat badan

5 makanan dan cemilan untuk menurunkan berat badan
Tasty appetizing homemade smoothie bowl made from fresh berries, served with muesli granola and coconut flakes. Dark background. Top View with Copy Space.

Mengatur pola dan menu makanan merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang sangat penting. Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan tubuh setiap orang. Kamu harus tahu informasi 5 makanan dan cemilan untuk menurunkan berat badan, agar dapat menunjang program diet menjadi lebih sempurna.

Makanan yang dapat membantu menurukan berat badan

Banyak orang beranggapan bahwa diet dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Namun jika hanya mengonsumsi buah dan sayur tentu saja akan membosankan. Ada banyak makanan untuk menurunkan berat badan yang tentu saja memiliki rasa yang enak.

1.      Telur

Jika mengonsumsi telur untuk sarapan maka rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Telur adalah makanan yang padat nutrisi sehingga nutrisi dan gizi saat program diet tetap terpenuhi.

2.      Alpukat

Kandungan dalam alpukat berupa serat, lemak baik, dan berbagai nutrisi akan membantu selama menurunkan berat badan. Orang yang gemar mengonsumsi alpukat cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat.

3.      Kentang

Kentang rebus merupakan salah satu makanan untuk memberikan rasa kenyang dalam waktu lebih lama. Kentang juga mengandung kalium tinggi yang bisa mengontrol tekanan darah.

4.      Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memiliki kandungan kalori yang rendah. Namun kandungan seratnya tinggi untuk memberi efek kenyang lebih lama. Sayuran hijau juga membantu proses pembakaran lemak dengan kandungan kalsiumnya.

5.      Daging tanpa lemak

Makanan untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah daging tanpa lemak. Daging mengandung protein yang tinggi dan bisa membantu pembakaran kalori. Selain itu protein dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Camilan yang Cocok saat Menurunkan Berat Badan

Camilan merupakan makanan yang sulit untuk dihindari terutama saat diet. Tidak hanya menghindari bertambahnya berat badan, camilan haruslah enak di lidah. Di bawah ini adalah beberapa contoh camilan yang cocok sebagai makanan untuk menurunkan berat badan.

1.      Apel

Buah apel bisa langsung dipotong sebagai camilan sehat. Untuk menambah cita rasa padukan dengan susu yang bebas lemak. Apel mengandung vitamn C dan serat serta susu merupakan sumber protein.

2.      Edamame

Setiap 155 gram edamame dapat memenuhi kebutuhan 1/3 serat dan protein harian. Mengonsumsi edamame bisa dengan cara direbus saja. Bahkan dengan mengonsumsi edamame beserta kulitnya akan membuat kenyang labih lama.

3.      Granola

Granola biasanya terdiri dari campuran buah kering, biji-bijian, dan gandum. Granola mengandung berbagai vitamin, serat, serta protein.

4.      Smoothie

Buah, sayur, susu, yoghurt, biji-bijian, dan bahan lain bisa dikombinasikan untuk menghasilkan smoothie dengan rasa yang enak. Smoothie bisa disajikan dengan mangkuk dengan berbagai topping seperti irisan buah dan oatmeal.

5.      Pisang

Mengonsumsi pisang dengan satu sendok selai kacang dapat membantu menunda rasa lapar. Karbohidrat dan protein bisa menjadi sumber energi dan menjaga mood tetap baik.

Semoga dari informasi 5 makanan dan cemilan untuk menurunkan berat badan, dapat menunjang program diet menjadi lebih sempurna.

Cara diet alami tanpa resiko

About the author

ridwan zaeni

Seorang Automation Engineer yang peduli tentang kesehatan warga +62 , dimana artikel yg dibuat bisa dipastikan No Hoax , Kredible dan Bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment